ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATERI ALAT PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA SISWA KELAS V SDN 055981 BERUAM TAHUN AJARAN 2019/2020

GINTING, EONIKE BR GINTING, 1605030063 (2020) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATERI ALAT PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA SISWA KELAS V SDN 055981 BERUAM TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar ilmu pengetahuan alam serta mengetahui faktor-faktor yang menyebabkankesulitan belajar ilmu pengetahuan alam pada materi alat pencernaan makananpada manusia siswa kelas V SDN 055981 Beruam tahun ajaran 2019/2020. Penelitian dilaksanakan di SDN 055981 Beruam dengan populasi seluruh siswa kelas V berjumlah 19 orang dan sekaligus sebagai sampel penelitian. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datayang digunakan tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalahes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kesulitan belajar pada materi alapencernaan makanan pada manusia siswa pada aspek menyebutkan nama organorgan, cara merawat organ pencernaan makanan manusia, dan menjelaskan fungsambung pada materi alat pencernaan makanan pada manusia (2) faktor penyebab kesulitan belajar materi alat pencernaan makanan pada manusia adalah guru tidakpernah menggunakan media pembelajaran, kurangnya perhatian orang tua padasaat siswa berada di rumah, dan sulitnya siswa memahami pembelajaran padamateri alat pencernaan makanan pada manusia dengan kriteria sangat kurang.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Difficulty Learning, Factors Causing Difficulty Learning Natural Science.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Heriyanto, M.Pddosen@gmail.comNIP. 196412101992031002
Pembimbing IIIrwansyah, S.Pd., M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0111108901
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: EONIKE BR GINTING
Date Deposited: 09 Feb 2022 04:57
Last Modified: 09 Feb 2022 04:57
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1444

Actions (login required)

View Item View Item