NASUTION, DEWI NURHASANAH, 1805030071 (2022) ANALISIS KEMAMPUAN SISWA MENULISKAN LAMBANG BILANGAN PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 068006 MEDAN TUNTUNGAN TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SAMPUL.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (888kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (605kB) |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (380kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (676kB) |
|
Text
BAB III - V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (362kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
Abstract
Dewi Nurhasanah Nasution, NPM : 1805030071. “Analisis Kemampuan Siswa Menuliskan Lambang Bilangan Pada Kelas V Sekolah Dasar Negeri 068006 Medan Tuntungan Tahun Ajaran 2021/2022”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Quallity. Penelitian ini dilakukan karena adanya kesulitan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 068006 Medan Tuntungan dalam menuliskan lambang bilangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan, kesulitan, dan faktor penyebab kesulitan siswa menuliskan lambang bilangan pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 068006 Medan Tuntungan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V Sekolah Dasar Negeri 068006 Medan Tuntungan pada tanggal 21-23 Februari 2022. Alat pengumpul data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes penugasan berupa soal essay dan wawancara. Tes digunakan untuk mengetahui kemampuan dan kesulitan siswa, sedangkan wawancara digunakan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 068006 Medan Tuntungan dan sekaligus juga sebagai sampel dalam penelitian. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa (1) kemampuan menuliskan lambang bilangan pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 068006 Medan Tuntungan diperoleh rata-rata 62,08 dan termasuk ke dalam kriteria kurang mampu. (2) berdasarkan soal tes yang diberikan kesulitan yang dialami siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 068006 Medan Tuntungan dalam menuliskan lambang bilangan yaitu siswa sulit menuliskan lambang bilangan yang didiktekan dengan benar sesuai aturan di Ejaan Yang Disempurnakan. (3) faktor penyebab kesulitan siswa yaitu kurangnya minat atau motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dan karena siswa sudah pada lupa tentang lambang bilangan dan cara penulisannya. Kata Kunci : Kemampuan, Menuliskan Lambang Bilangan
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ability, Writing Number Symbols | ||||||||||||
Subjects: | 000 Generalities | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | NASUTION DEWI NURHASANAH | ||||||||||||
Date Deposited: | 18 Jun 2022 05:11 | ||||||||||||
Last Modified: | 18 Jun 2022 05:11 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1450 |
Actions (login required)
View Item |