ANALISIS KEMAMPUAN SISWA MENULISKAN LAMBANG BILANGAN PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 068006 MEDAN TUNTUNGAN TAHUN AJARAN 2021/2022

NASUTION, DEWI NURHASANAH, 1805030071 (2022) ANALISIS KEMAMPUAN SISWA MENULISKAN LAMBANG BILANGAN PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 068006 MEDAN TUNTUNGAN TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (888kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (605kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (380kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (676kB)
[img] Text
BAB III - V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (2).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (362kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan, kesulitan, dan faktorpenyebab kesulitan siswa menuliskan lambang bilangan pada siswa kelas Sekolah Dasar Negeri 068006 Medan Tuntungan. Jenis penelitian yang digunakaadalah kualitatif deskriptif.Penelitian ini dilaksanakan di kelas V Sekolah Dasar Negeri 068006Medan Tuntungan pada tanggal 21-23 Februari 2022. Alat pengumpul data yandigunakan pada penelitian ini adalah tes penugasan berupa soal essay dawawancara. Tes digunakan untuk mengetahui kemampuan dan kesulitan siswasedangkan wawancara digunakan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitansiswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Sekolah DasaNegeri 068006 Medan Tuntungan dan sekaligus juga sebagai sampel dalampenelitian. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa (1) kemampuan menuliskalambang bilangan pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 068006 MedaTuntungan diperoleh rata-rata 62,08 dan termasuk ke dalam kriteria kuranmampu. (2) berdasarkan soal tes yang diberikan kesulitan yang dialami siswakelas V Sekolah Dasar Negeri 068006 Medan Tuntungan dalam menuliskan lambang bilangan yaitu siswa sulit menuliskan lambang bilangan yang didiktekadengan benar sesuai aturan di Ejaan Yang Disempurnakan. (3) faktor penyebakesulitan siswa yaitu kurangnya minat atau motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dan karena siswa sudah pada lupa tentang lambang bilangan dan cara penulisannya.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ability, Writing Number Symbols
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Pandapotan Tambunan, M.Pddosen@gmail.comNIP.196602101992031001
Pembimbing IIDr. Gemala Widiyarti, M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0123008602
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: NASUTION DEWI NURHASANAH
Date Deposited: 18 Jun 2022 05:36
Last Modified: 18 Jun 2022 05:36
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1452

Actions (login required)

View Item View Item