ANALISIS KERUSAKAN JALAN AKIBAT MUATAN BERLEBIH (STUDI KASUS JALAN KABANJAHE-KUTACANE)

MUDDIN, ALMAH, 1904020027 (2022) ANALISIS KERUSAKAN JALAN AKIBAT MUATAN BERLEBIH (STUDI KASUS JALAN KABANJAHE-KUTACANE). Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB I1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB II1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB III-V1.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk mengetahui mengetahui dampak kerusakan jalan yang terjadi jika muatan berlebih pada jalan, Mendapatkan nilai derajat kerusakan jalan dari beban overload pada jalan dan mencari sisa umur (reaming life) perkerasaan jalan dengan beban yang terjadi pada jalan. Penelitian ini dilakukan di jalan kabanjahe-kutacane, merupakan jalur utama yang menghubungkan beberapa provinsi, kota dan kabupaten diwilayah Sumatra utara. Jalan tersebut banyak dilalui kendaraan berat muatan barang, sehingga berpotensi sering terjadi pelanggaran muatan berlebih. Muatan berlebih berpotensi berpengaruh terhadap kondisi perkerasan jalan yang telah direncanakan. Dengan adanya permasalahan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh muatan berlebih pada kendaraan berat terhadap kondisi jalan, yaitu mencakup vehicle damage factor, umur rencana dan kebutuhan tebal perkerasan. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data, baik data dari survey langsung ke lapangan ataupun jurnal-jurnal yang terkait dengan kerusakan jalan,dianalisis dengan metode kualitatif dimana lebih menekankkan pada fakta di lapangan dan memanfatkan teori-teori yang ada sebagai bahan pendukung. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara keseluruhan pengaruh muatan belebih aktual kendaraan berat semakin besar persentase muatan berlebih yang terjadi dapat menurunkan umur rencana dan meningkatkan kebutuhan tebal perkerasan yang dibutuhkan. Muatan kendaraan yang melebihi muatan sumbu terberat (MST) mempengaruhi kekuatan lapis perkerasan sehingga mengurangi umur rencana teknis jalan dari 5 tahun menjadi 4,551 tahun. Kendaraan angkutan barang yang melebihi muatan (overloading) tidak hanya menyebabkan pengurangan umur rencana jalan tetapi juga kerusakan pada aspal seperti lubang, retak buaya dan distorsi.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: damage, road, load, impact, solution
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 620 Engineering
600 Technology and Applied Sciences > 620 Engineering > 624 Civil Engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Prodi Teknik Sipil
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IParada Afkiki Saputra, ST.,MTdosen@gmail.comNIDN. 00005048903
Pembimbing IIBudi Florianta Tarigan, ST.,MTdosen@gmail.comNIDN. 117128004
Department: Teknik Sipil
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 06 Jul 2022 05:13
Last Modified: 06 Jul 2022 05:13
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1467

Actions (login required)

View Item View Item