PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS BUPENA PADA TEMA BAGTIAN TUMBUH-TUMBUHAN DAN FUNGSINYA DI SD NEGERI 060938 MEDAN JOHOR TAHUN AJARAN 2020/2021

HUTASOIT, ENDANG S, 1705030081 (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS BUPENA PADA TEMA BAGTIAN TUMBUH-TUMBUHAN DAN FUNGSINYA DI SD NEGERI 060938 MEDAN JOHOR TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (419kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (96kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (93kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (288kB)
[img] Text
BAB 3 - 5.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (377kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (120kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan dan keefektifan pengembangan instrumen tes BUPENA pada tema bagian tumbuh-tumbuhan dan fungsinya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian reserch dan development yaitu penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang bersifat kualitatif dan kuantitatif, ADDIE yang dimaksud yaitu analisis, design, development, implementasion, dan evaluasi. Sampel penelitian pada situasi pada saat covid-19 ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 060938 Medan Johor yang berjumlah 10 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah angket validasi dari vadilator, angket respon siswa, tes dan wawancara. Tehnik analisis data melalui metode alur yang terdiri dari pengumpulan data, tahap penyajian data dan penarik kesimpulan. Untuk hasil kevalidan produk instrumen tes dari 3 orang validator 2 dosen IPA dan 1 orang guru. Hasil validasi dari tiga orang validator menunjukkan bahwa produk BUPEN instrumen tes yang dikembangkan memiliki kategori "Sangat layak" dengan rata-rata skor 92,26. Angket respon siswa terhadap produk instrumen tes BUPENA yang dikembangkan berada pada kategori "Aangat positif" dengan rata-rata skor 82,50 yaitu dapat digunakan tanpa perbaikan.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: development of test instruments, parts of plants and their functions
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
500 Natural Science and Mathematics > 580 Plants, Botany
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Srie Faizah Lisnasari, M.Sidosen@gmail.comNIP. 196702251998012001
Pembimbing IIUlfah Sari Rezeki, S.Pd., M.Pddosen@gmail.comNIDN. 106129001
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: ENDANG S HUTASOIT
Date Deposited: 08 Jul 2022 05:15
Last Modified: 08 Jul 2022 05:15
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1472

Actions (login required)

View Item View Item