PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE DENGAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SIKLUS MAKHLUK HIDUP KELAS IV SD NEGERI 163080 TEBING TINGGI TAHUN AJARAN 2021/2022.

S, KARTINA, 1805030094 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE DENGAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SIKLUS MAKHLUK HIDUP KELAS IV SD NEGERI 163080 TEBING TINGGI TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
cover_merged.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (335kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (393kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (598kB)
[img] Text
BAB III_BAB IV_merged.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (339kB)
[img] Text
lampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran puzzle dengan metode pembelajaran demonstrasi, untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran konvensional dan untuk mengetahui pengaruh menggunakan media pembelajaran puzzle dengan metode pembelajran demonstrasi terhadap hasil belajar siswa.Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 163080 Tebing Tinggi Dengan populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 163080 Tebing Tinggi Yang berjumlah 50 orang. Jenis penelitian ini adalah Quast Experiment Dengan Desain Pretest Dan Posstest Control Design dengan menggunakan media pembelajaran puzzle dan metode pembelajaran demonstrasi dengan alat pengumpul data yaitu test berupa esay. Berdasarkan dari hasil analisis data di peroleh (1) Hasil belajar siswa pada materi siklus makhluk hidup setelah menggunakan media pembelajaran puzzle dan metode pembelajaran demonstrasi di kelas IV SD Negeri 163080 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2021/2022, diperoleh nilai rata-rata 85,84. (2) Hasil belajar siswa pada materi siklus makhluk hidup tanpa menggunakan media pembelajaran puzzle dan metode pembelajaran demonstrasi (konvensional) di kelas IV SD Negeri 163080 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2021/2022, diperoleh nilai rata-rata 77.52. (3) Terdapat pengaruh dalam penggunaan media pembelajaran puzzle dan metode pembelajaran demonstrasi terhadap hasil belajar siswa pada materi siklus makhluk hidup kelas IV SD Negeri 163080 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Puzzle Learning Media with Demonstration Learning Method, Student Learning Outcomes.
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IHotma Tiolina Siregar, M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0112078003
Pembimbing IIQori Rizqiah H Kalingga, S.H.I.,MAdosen@gmail.comNIDN. 0119118606
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: KARTINA S
Date Deposited: 13 Jul 2022 07:40
Last Modified: 13 Jul 2022 07:40
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1479

Actions (login required)

View Item View Item