HUBUNGAN MOTIVASI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 040492 BATUKARANG KECAMATAN PAYUNG KABUPATEN KARO TAHUN AJARAN 2021/2022

GINTING, DODY, SUGANDI, 1805030063 (2022) HUBUNGAN MOTIVASI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 040492 BATUKARANG KECAMATAN PAYUNG KABUPATEN KARO TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (880kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (161kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (188kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (190kB)
[img] Text
BAB 3-5.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (860kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (97kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan motivasi dengan prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPA Kelas IV SD Negeri 040492 Batukarang Kecamatan Payung Tahun Ajaran 2021/2022. Masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan motivasi dengan prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPA, bagaimana gambaran prestasi belajar siswa dan bagaimana gambaran motivasi siswa. Populasi dan sample penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 040492 Batukarang Kecamatan Payung yang berjumlah 29 orang. Jenis penelitian ini adalah korelasi sedangkan teknik pengumpulan data berupa angket, observasi dan dokumentasi. Setelah melakukan analisis data hasil penelitian maka diperoleh motivasi siswa sebesar 72% siswa mendapat kategori sedang dan 28% siswa mendapat kategori tinggi sehingga dapat disimpulkan motivasi siswa mendapat kategori sedang. Sedangkan untuk prestasi belajar siswa dari 29 siswa terdapat 10 siswa yang sudah mencapai KKM sedangkan 19 siswa belum memenuhi nilai KKM sehingga prestasi belajar siswa berkategori kurang. Hasil penelitian ini menunjukkan hubungan motivasi dengan prestasi belajar siswa diperoleh r hitung lebih besar dari r tabel yang memiliki kontribusi yang signifikan.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Relationship, Motivation, Learning Achievement, Science Learning
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing ISiti Zahara H.Harahap, S.Pd.,M.Pddosen@gmail.comNIDN.0114078802
Pembimbing IIKrista Surbakti, S.Pd.,M.Sidosen@gmail.comNIDN.0103118701
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: DODY SUGANDI GINTING
Date Deposited: 11 Jul 2022 09:02
Last Modified: 11 Jul 2022 09:02
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1483

Actions (login required)

View Item View Item