ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATERI SIFAT DAN PERUBAHAN BENDA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 040492 BATUKARANG KEC. PAYUNG TAHUN AJARAN 2021/2022

BANGUN, JET PELIN KASIBA, 1805030176 (2022) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATERI SIFAT DAN PERUBAHAN BENDA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 040492 BATUKARANG KEC. PAYUNG TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (881kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (98kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (214kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (232kB)
[img] Text
BAB III - V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (749kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (95kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam belajar materi sifat dan perubahan benda pada mata pelajaran IPA dan bagaimana deskripsi kesulitan siswa serta faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada materi sifat dan perubahan benda. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 040492 Batukarang Kec. Payung Tahun Ajaran 2021/2022. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 040492 Batukarang Kec. Payung dan sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 040492 Batukarang yang berjumlah 29 orang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriftif kualitatif dengan teknik pegumpulan data dengan tes dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian pada materi sifat dan perubahan benda di kelas IV SD Negeri 040492 Batukarang Kec. Payung memperoleh skor rata-rata kemampuan siswa 46,3 dalam kategori kurang mampu. Faktor kesulitan siswa adalah kurangnya pemahaman siswa tentang materi sifat dan perubahan benda serta faktor guru yang hanya menggunakan metode ceramah pada saat pembelajaran.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Difficulties, Properties and Changes in Objects
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Hartono S, M.Pddosen@gmail.comNIP.195706191990031001
Pembimbing IIDr. Dedi Holden Simbolon, S.Si.,M.Pddosen@gmail.comNIDN.0103118701
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: JET PELIN KASIBA BANGUN
Date Deposited: 11 Jul 2022 09:04
Last Modified: 11 Jul 2022 09:04
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1484

Actions (login required)

View Item View Item