KACARIBU, SINTA INDISARI, 1805030067 (2022) PENGARUH PENERAPAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 040492 BATUKARANG TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (455kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (418kB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (676kB) |
|
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (798kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (326kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (8MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan kooperatif model Jigsaw dan kelas kontrol menggunakan model konvesional. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 040492 Batukarang Tahun Ajaran 2021/2022 di kelas V SD pada tanggal 16 – 19 April 2022, yang menjadi populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri 040492 Batukarang berjumlah 45 orang yang terbagi menjadi dua kelas parallel sekaligus menjadi sampel penelitian (sampel total) dalam penelitian. Dengan model kooperatif Jigsaw dan pembelajaran konvesional dengan alat pengumpulan data yaitu test berupa essay dan analisis data yang terdiri dari pengujian hipotesis dengan mengunakan uji independen antara dua faktor. Dari hasil data analisis data dan uji hipotesis diperoleh nilai rata-rata siswa yang diajar menggunakan model koooperatif Jigsaw 82,6 yang diajar dengan model kooperatif Jigsaw dengan pembelajaran konvesional 69,00 dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA materi penerapan kalor dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan model kooperatif Jigsaw lebih baik daripada belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran konvesional dikelas V SD Negeri 040492 Batukarang Tahun Ajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | learning outcomes, jigsaw cooperative model, conventional learning. | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | SINTA INDISARI BR KACARIBU | ||||||||||||
Date Deposited: | 12 Jul 2022 07:32 | ||||||||||||
Last Modified: | 12 Jul 2022 07:32 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1486 |
Actions (login required)
View Item |