PENGARUH PENERAPAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 040492 BATUKARANG TAHUN AJARAN 2021/2022

KACARIBU, SINTA INDISARI, 1805030067 (2022) PENGARUH PENERAPAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 040492 BATUKARANG TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (455kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (418kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (676kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (798kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (326kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan kooperatif model Jigsaw dan kelas kontrol menggunakan model konvesional. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 040492 Batukarang Tahun Ajaran 2021/2022 di kelas V SD pada tanggal 16 – 19 April 2022, yang menjadi populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri 040492 Batukarang berjumlah 45 orang yang terbagi menjadi dua kelas parallel sekaligus menjadi sampel penelitian (sampel total) dalam penelitian. Dengan model kooperatif Jigsaw dan pembelajaran konvesional dengan alat pengumpulan data yaitu test berupa essay dan analisis data yang terdiri dari pengujian hipotesis dengan mengunakan uji independen antara dua faktor. Dari hasil data analisis data dan uji hipotesis diperoleh nilai rata-rata siswa yang diajar menggunakan model koooperatif Jigsaw 82,6 yang diajar dengan model kooperatif Jigsaw dengan pembelajaran konvesional 69,00 dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA materi penerapan kalor dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan model kooperatif Jigsaw lebih baik daripada belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran konvesional dikelas V SD Negeri 040492 Batukarang Tahun Ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: learning outcomes, jigsaw cooperative model, conventional learning.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. DEDI HOLDEN SIMBOLON, S.Si., M.Pddosen@gmai.comNIDN. 0103118701
Pembimbing IIJUNIKO ESRA TARIGAN, S.Pd., M.Pddosen@gmail.comNIDN. 01110068902
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SINTA INDISARI BR KACARIBU
Date Deposited: 12 Jul 2022 07:32
Last Modified: 12 Jul 2022 07:32
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1486

Actions (login required)

View Item View Item