ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING PADA MATERI MEMBACA PEMAHAMAN DI KELAS TINGGI SD NEGERI 174543 MANALU TORUAN KECAMATAN PAKKAT KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN TAHUN AJARAN 2021/2022

LUMBAN BATU, ASTRIANI, 1805030182 (2022) ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING PADA MATERI MEMBACA PEMAHAMAN DI KELAS TINGGI SD NEGERI 174543 MANALU TORUAN KECAMATAN PAKKAT KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER-1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK-1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (325kB)
[img] Text
BAB I-1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (470kB)
[img] Text
BAB II-1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (417kB)
[img] Text
BAB III-V-1.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (743kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (326kB)
[img] Text
LAMPIRAN-1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk terdiri dari (1) untuk mengetahui gambaran pelaksanaan pembelajaran daring pada materi membaca pemahaman, (2) untuk mengetahui kesulitan pelaksanaan pembelajaran daring pada materi membaca pemahaman,(3) untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan pelaksanaan pembelajaran daring pada materi membaca pemahaman di kelas tinggi SD Negeri 174543 Manalu Toruan Kecamatan Pakkat Kabupaten Humbang Hasundutan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 174543 Manalu Toruan Kecamatan Pakkat Kabupaten Humbang Hasundutan pada semester Genap Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah pedekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah Observasi dan Wawancara. Setelah melakukan analisis data terhadap hasil penelitian maka diperoleh gambaran pelaksanaan pembelajaran daring pada materi membaca pemahaman Berdasarkan perhitungan rata-rata hasil observasi di kelas tinggi SD Negeri 174543 Manalu Toruan maka diperoleh nilai rata-rata yaitu 57,5 termasuk dalam kategori kurang baik. Kesulitan dalam pelaksanaan pelaksanaan pembelajaran daring pada materi membaca pemahaman di kelas tinggi SD Negeri 174543 Manalu Toruan pada aspek nomor 4 ketersediaan jaringan kurang baik, aspek nomor 6 metode yang digunakan guru kurang sesuai dan aspek nomor 8 evaluasi yang digunakan guru kurang sesuai. Faktor penyebab kesulitan pelaksanaan pembelajaran daring pada materi membaca pemahaman di kelas tinggi SD Negeri 174543 Manalu Toruan dikarenakan keadaan jaringan internet lambat, alat (sarana) yang digunakan guru masih terbatas tipe handphone masih rendah hanya mampu menangkap jaringan 3G, masih kurang mahir dalam menggunakan sarana(alat) yang mendukung pembelajaran daring. Dan metode yang digunakan guru dalam pembelajaran daring tidak tepat.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Online, Implementation of Online Learning, Reading Comprehension.
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.4 Reading
400 Language > 490 Another Language
400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Pandapotan Tambunan, M.Pddosen@gmail.comNIP. 196602101992031001
Pembimbing IIIrwansyah, S.Pd., M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0115098701
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: ASTRIANI LUMBAN BATU
Date Deposited: 12 Jul 2022 07:39
Last Modified: 12 Jul 2022 07:39
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1489

Actions (login required)

View Item View Item