PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT BERBASIS MULTIMEDIA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SIKLUS HIDUP HEWAN DI KELAS IV SD NEGERI 163080 TEBING TINGGI TAHUN AJARAN 2021/2022

GINTING, BELLA SERININTA, 1805030128 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT BERBASIS MULTIMEDIA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SIKLUS HIDUP HEWAN DI KELAS IV SD NEGERI 163080 TEBING TINGGI TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (334kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (351kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (551kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (333kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kevaliditan pengembangan media pembelajaran PowerPoint berbasis multimedia dan untuk mengetahui tingkat keefektifan pengembangan media pembelajaran PowerPoint berbasis multimedia pada materi Siklus Hidup Hewan mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri 163080 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan angket. Dimana observasi bertujuan untuk mengumpulkan data awal tentang proses pembelajaran menggunakan media pembelajaran yang ada di sekolah dan wawancara sebagai acuan terkait analisis kebutuhan dan bahan pertimbangan dalam melihat keefektifan produk yang dibuat. Berdasarkan analisis yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa tingkat kevaliditan pembelajaran PowerPoint berbasis multimedia yang dikembangkan memiliki kriteria valid dengan persentase rata-rata sebesar 88,96%, dan tingkat keefektifan pembelajaran PowerPoint berbasis multimedia yang dikembangkan memiliki kriteria sangat efektif dengan persentase rata-rata diperoleh sebesar 84,38%.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Development, learning media, Multimedia Based Powerpoint
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRita Herlina Br PA, M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0129078503
Pembimbing IIDr. Gemala Widiyarti, M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0123098602
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: BELLA SERININTA GINTING
Date Deposited: 13 Jul 2022 07:45
Last Modified: 13 Jul 2022 07:45
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1490

Actions (login required)

View Item View Item