ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENGGUNAKAN EYD HURUF KAPITAL, HURUF MIRING DAN HURUF TEBAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI SD NEGERI 044843 PERTUMBUNGEN TAHUN AJARAN 2021/2022

SEMBIRING, FENTY MORINA, 1805030050 (2022) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENGGUNAKAN EYD HURUF KAPITAL, HURUF MIRING DAN HURUF TEBAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI SD NEGERI 044843 PERTUMBUNGEN TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER(4).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB III - V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kesulitan siswa dalam menggunakan EYD, dan mengetahui faktor penyebabnya, penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri 044843 Pertumbungen pada Tahun 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kulaitatif dan jeni penelitian deskriptif. Populasi dan sampel penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri 044843 Pertumbungen yang berjumlah 22 orang. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh diketahui kemampuan siswa dalam menentukan Huruf Kapital, Huruf Miring dan Huruf Tebal pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia di kela V SD Negeri 044843 Pertumbungen berkategori kurang mampu, karena rata-rata dari siswa adalah 46,09 dan di kriteria kemampuan siswa <70 berkategori kurang mampu. Berdasarkan hasil tes pesentase kesalahan siswa menentukan Huruf pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat diketahui bahwa yang paling sulit ditentukan oleh siswa yaitu menentukan tebal dengan frekuensi 19 dan tingkat persentase sebesar 86,36 %. Penyebab siswa berkesulitan mennetukan huruf yaitu karena kurang paham atau kurang mengerti.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analyst Difficulty Using EYD
Subjects: 400 Language
300 Sosial Science > 370 Education
400 Language > 490 Another Language
400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IIrwansyah, S.Pd.,M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0115098701
Pembimbing IIDrs. Hartono S, M.Pddosen@gmail.comNIP. 195706191990031001
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: FENTY MORINA BR SEMBIRING
Date Deposited: 13 Jul 2022 07:35
Last Modified: 13 Jul 2022 07:35
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1492

Actions (login required)

View Item View Item