DAMANIK, ANDREANI TESALONIKA, 1805030086 (2022) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS 1 SD PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI 101990 BANGUN PURBA TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (4MB) |
|
Text
ABSTRAK (1).pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (432kB) |
|
Text
BAB I (1).pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (466kB) |
|
Text
BAB II (1).pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (517kB) |
|
Text
BAB III-V (2).pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (951kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (340kB) |
|
Text
LAMPIRAN (1).pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kemampuan siswa dalam memahami membaca permulaan, untuk mengetahui kesulitan belajar membaca permulaan, untuk mengetahui faktor-faktor yang menghambat siswa dalam kesulitan belajar membaca permulaan dan untuk mengetahui solusi yang dilakukan guru dalam mengatasi permasalahan siswa dalam kesulitan belajar membaca permulaan. Jenis Penelitian yang digunakan dalah kualitatif deskriftif. Penelitian ini telah dilaksanakan di kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 101990 Bangun Purba pada tanggal 29-30 Maret 2022. Alat pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes pengusan berupa tes membaca permulaan dan wawancara. Tes yang digunakan pada penelitian ini untuk mengetahui kemampuan dan kesulitan belajar membaca siswa sedangkan wawancara digunakan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar membaca siswa dan untuk mengetahui solusi yang dilakukan guru dalam mengatasi permasalahan siswa dalam kesulitan belajar membaca permulaan. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 101990 Bangun Purba dan sekaligus juga sebagai sampel dalam penelitian. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) kemampuan siswa dalam pelajaran bahasa Indonesia pada membaca permulaan di kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 101990 Bangun Purba Tahun Ajaran 2021/2022 siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 64,73 dan dikatogorikan tidak mampu, (2) kesulitan yang dialami siswa dalam membaca permulaan adalah masih ada siwa yang belum mengenal huruf, sulit menyebutkan huruf vokal dan konsonan, sulit membaca suku kata dan sulit membaca kata. (3) faktor yang mempengaruhi penyebab siswa sulit dalam membaca permulaan adalah faktor intelektual anak, faktor fisiologis anak, faktor lingkungan, faktor motivasi dan minat belajar anak. (4) solusi yang dilakukan guru dalam mengatasi masalah kesulitan dalam membaca permulaan di Sekolah Dasar Negeri 101990 Bangun Purba adalah biasanya guru menambahkan jam pelajaran bagi siswa yang berkesulitan membaca, menjalin komunikasi antara guru kelas dengan orangtua untuk mengetahui bagaimana kemampuan dan kesulitan yang dialami siswa pada saat belajar, memberikan perhatian lebih pada saat jam pelajaran terutama belajar di dalam kelas dan memberikan tugas tambahan.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ability, Beginning Reading, Indonesian Language. | ||||||||||||
Subjects: | 400 Language > 410 Linguistics > 411 Writing Systems 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School 400 Language > 490 Another Language 400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | ANDREANI TESALONIKA DAMANIK | ||||||||||||
Date Deposited: | 14 Jul 2022 09:03 | ||||||||||||
Last Modified: | 14 Jul 2022 09:03 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1498 |
Actions (login required)
View Item |