PENGEMBANGAN BUPENA PADA TEMA ENERGI KELAS IV SD NEGERI 101733 SEI SEMAYANG KEC. SUNGGAL T.A. 2020/2021

SEMBIRING, SITI FATIMAH ZAHARA BR, 1705030065 (2022) PENGEMBANGAN BUPENA PADA TEMA ENERGI KELAS IV SD NEGERI 101733 SEI SEMAYANG KEC. SUNGGAL T.A. 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
cover (1) (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (433kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (638kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (282kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (747kB)
[img] Text
BAB III, IV, V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (372kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan Bahan Ajar (BUPENA) berbasis Sains Teknologi Masyarakat, dengan mengetahui kevalidan pengembangan BUPENA pada tema energi dan keefektifan pengembangan BUPENA pada tema energi. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 19 Mei 2021 di kelas IV SD Negeri 101733 Sei Semayang dengan 10 orang siswa pada materi energi. Validasi dilakukan dilakukan oleh dosen danguru kelas 4 SD. Pengembangan bahan ajar mengikuti prosedur pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahap yaitu: (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasian, (5) evaluasi. Pengembangan BUPENA yang dikembangkan berupa materi yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai validasi dari validator pertama memperoleh persentasi 80% dengan kriteria valid, validator kedua memperoleh persentasi 80% dengan kriteria valid, dan validator ketiga memperoleh persentasi 85% dengan kriteria valid. Sedangkan nilai keefektifan memperoleh rata-rata 3,25 atau persentasi 80% dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian maka produk berupa BUPENA dinyatakan valid dan efektif serta dapat digunakan.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Development, Energy, BUPENA, IPA
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr Srie Faizah Lisnasari, M.Sidosen@gmail.comNIP. 25026706/196702251998012001
Pembimbing IIM. Daliani, S.Pd., M.Sidosen@gmail.comNIDN. 0128088804
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SITI FATIMAH ZAHARA BR.SBR
Date Deposited: 28 Jul 2022 09:59
Last Modified: 28 Jul 2022 09:59
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1510

Actions (login required)

View Item View Item