AGINTA, NOVI LISYA, 1805030061 (2022) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MENYIMAK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD SWASTA DHARMA WANITA MEDAN TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SKRIPSI__NOVI LISYA AGINTA - COVER__DAFTAR ISI(1).pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI__NOVI LISYA AGINTA - ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI__NOVI LISYA AGINTA - BAB 1.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI__NOVI LISYA AGINTA - BAB 2.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI__NOVI LISYA AGINTA - BAB 3 - BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI__NOVI LISYA AGINTA - DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI__NOVI LISYA AGINTA - LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (5MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan dalam menyelesaikan soal menyimak Kupu-Kupu Yang Berhat Mulia di kelas IV SD Swasta Dharma Wanita Medan, dan untuk mengetahui faktor yang menyebabkan kesulitan dalam menyelesaikan soal menyimak Kupu-Kupu Yang Berhati Mulia di kelas IV SD Swasta Dharma Wanita Medan. Penelitian dilaksanakan di SD Swasta Dharma Wanita Medan. Semester Genap Tahun Ajaran 2021/2022 pada tanggal 09 Mei 2022, yang menjadi populasi adalah seluruh siswa IV SD Swasta Dharma Wanita Medan yang berjumlah 27 orang dan sekaligus sebagai sampel penelitian. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriftip kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus persentase, rumus rata-rata dan rumus kriteria penilaian tes. Hasil yang diperoleh adalah bahwa kesulitan belajar menyimak Bahasa Indonesia terletak pada sulitnya siswa dalam memahami dan mengingat isi cerita. Adapun faktor penyebabnya terdiri dari faktor Internal yang meliputi intelegensi yang rendah, minat belajar siswa serta konsentrasi siswa, sedangkan pada faktor eksternal meliputi kondisi kelas, guru serta teman. Berdasarkan perolehan hasil tes, diketahui bahwa gambaran kemampuan siswa dalam menyimak pembelajaran Bahasa Indonesia masih tergolong “Kurang Baik” hal tersebut sesuai dengan hasil perhitungan kemampuan siswa. Hasil yang diperoleh, bahwa nilai rata-rata yaitu 52,2 yang berada pada rentang nilai 30-54 dengan kategori “kurang Baik”.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Difficulty, Listening, Indonesian Language | ||||||||||||
Subjects: | 400 Language > 410 Linguistics 300 Sosial Science > 370 Education 400 Language > 490 Another Language 400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Novi Lisya Aginta | ||||||||||||
Date Deposited: | 22 Jul 2022 09:43 | ||||||||||||
Last Modified: | 22 Jul 2022 09:43 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1513 |
Actions (login required)
View Item |