NURIANI, 1805030036 (2022) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 104192 TANDAM HILIR II KECAMATAN HAMPARAN PERAK TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (401kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (358kB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (573kB) |
|
Text
BAB 3 - BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (621kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (273kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA materi gaya dengan menggunakan strategi pembelajaran Mind Map dan Pembelajaran Konvensional di kelas IV SD Negeri 104192 Tandam Hilir II Kecamatan Hamparan Perak Tahun Ajaran 2021/2022. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 104192 Tandam Hilir II Kecamatan Hamparan Perak pada tanggal 4 – 13 April 2022 sebagai subjeknya adalah siswa kelas IV- A dan IV- B dengan jumlah siswa di kelas IV- A ada 28 orang dan kelas IV- B ada 24 orang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan instrumen tes essay sebanyak 5 soal yang telah di validasi oleh validator. Rata–rata hasil tes awal kelas IV- A adalah 63,25 dan rata–rata hasil tes awal kelas IV- B adalah 65,33.Setelah dilaksanakan pembelajaran pada kelas IV- A dengan menggunakan strategi pembelajaran Mind Map rata-rata hasil belajar siswa 76,13 dan pada kelas IV- B dengan menggunakan Pembelajaran Konvensional memperoleh rata– rata hasil belajar 68,04. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis dengan uji independen dua faktor, siswa yang diajar dengan strategi Mind Map dan siswa yang diajarkan dengan Pembelajaran Konvensional diperoleh hasil diperoleh Xi hitung (X) = 10,94 > X=9,49. Maka tabel ditolak dan diterima artinya ada pengaruh dari strategi pembelajaran Mind Map terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 104192 Tandam Hilir II Kecamatan Hamparan Perak Tahun Ajaran 2021/2022
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mind Map Strategy, Learning Outcomes,Science | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Friska Elsa Carolina | ||||||||||||
Date Deposited: | 26 Jul 2022 07:01 | ||||||||||||
Last Modified: | 26 Jul 2022 07:01 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1516 |
Actions (login required)
View Item |