PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 104192 TANDAM HILIR II KECAMATAN HAMPARAN PERAK TAHUN AJARAN 2021/2022

NURIANI, 1805030036 (2022) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 104192 TANDAM HILIR II KECAMATAN HAMPARAN PERAK TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (401kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (358kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (573kB)
[img] Text
BAB 3 - BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (621kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (273kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA materi gaya dengan menggunakan strategi pembelajaran Mind Map dan Pembelajaran Konvensional di kelas IV SD Negeri 104192 Tandam Hilir II Kecamatan Hamparan Perak Tahun Ajaran 2021/2022. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 104192 Tandam Hilir II Kecamatan Hamparan Perak pada tanggal 4 – 13 April 2022 sebagai subjeknya adalah siswa kelas IV- A dan IV- B dengan jumlah siswa di kelas IV- A ada 28 orang dan kelas IV- B ada 24 orang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan instrumen tes essay sebanyak 5 soal yang telah di validasi oleh validator. Rata–rata hasil tes awal kelas IV- A adalah 63,25 dan rata–rata hasil tes awal kelas IV- B adalah 65,33.Setelah dilaksanakan pembelajaran pada kelas IV- A dengan menggunakan strategi pembelajaran Mind Map rata-rata hasil belajar siswa 76,13 dan pada kelas IV- B dengan menggunakan Pembelajaran Konvensional memperoleh rata– rata hasil belajar 68,04. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis dengan uji independen dua faktor, siswa yang diajar dengan strategi Mind Map dan siswa yang diajarkan dengan Pembelajaran Konvensional diperoleh hasil diperoleh Xi hitung (X) = 10,94 > X=9,49. Maka tabel ditolak dan diterima artinya ada pengaruh dari strategi pembelajaran Mind Map terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 104192 Tandam Hilir II Kecamatan Hamparan Perak Tahun Ajaran 2021/2022

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mind Map Strategy, Learning Outcomes,Science
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Srie Faizah Lisnasari, M.Sidosen@gmail.comNIP. 1967022519980120001
Pembimbing IIDr. Gemala Widiyarti, S.Sos.I., M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0123098602
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 26 Jul 2022 07:01
Last Modified: 26 Jul 2022 07:01
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1516

Actions (login required)

View Item View Item