ANALISIS KEMAMPUAN MENULISKAN MORFEM DI- DAN MORFEM KE- SEBAGAI AWALAN SERTA MORFEM DI DAN MORFEM KE SEBAGAI KATA DEPAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 101804 GEDUNG JOHOR KEC. NAMO RAMBE

SEMBIRING, EVA FEBRINA BR, 1805030045 (2022) ANALISIS KEMAMPUAN MENULISKAN MORFEM DI- DAN MORFEM KE- SEBAGAI AWALAN SERTA MORFEM DI DAN MORFEM KE SEBAGAI KATA DEPAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 101804 GEDUNG JOHOR KEC. NAMO RAMBE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
EVA FEBRINA ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
EVA FEBRINA BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
EVA FEBRINA BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
EVA FEBRINA BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
EVA FEBRINA DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
EVA FEBRINA LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuai kemampuan, kesulitan, dan faktor-faktor penyebab kesulitan siswa menuliskan morfem di- dan morfem ke-sebagai awalan serta morfem di dan morfem ke sebagai kata depan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 101804 Gedung Johor Kec. Namo Rambe yang berjumlah 27 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dan kesimpulan yang diperoleh kemampuan siswa dalam menuliskan morfem di- dan morfem ke- sebagai awalan serta morfem di dan morfem ke sebagai kata depan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 101804 Gedung Johor Kec. Namo Rambe diperoleh nilai rata-rata 65.44 dan termasuk dalam kriteria kurang mampu. Kesulitan siswa dalam menuliskan morfem di- dan morfem ke- sebagai awalan serta morfem di dan morfem ke sebagai kata depan yaitu pada penggunaan morfem di dan morfem ke sebagai kata depan. Faktor-faktor penyebab kesulitan siswa dalam menuliskan morfem di- dan morfem ke- sebagai awalan serta morfem di dan morfem ke sebagai kata depan adalah kurangnya pemahaman siswa pada materi awalan dan kata depan sehingga siswa sulit untuk membedakan morfem di- dan morfem ke- sebagai awalan serta morfem di dan morfem ke sebagai kata depan. Kemiripan dari kedua morfem ini menyebabkan siswa bingung saat mana penulisannya harus dipisah atau diserangkaikan dari kata yang mengikutinya. Kata Kunci: Awalan, Kata depan, Morfem

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prefix, Preposition, Morpheme
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics
300 Sosial Science > 370 Education
400 Language > 490 Another Language
400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Pandapotan Tambunan, M.Pddosen@gmail.comNIP.196602101992031001
Pembimbing IIJainal B Togatorop, M.Pddosen@gmail.comNIDN.0123098602
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: EVA FEBRIN BR SEMBIRING
Date Deposited: 26 Jul 2022 09:54
Last Modified: 26 Jul 2022 09:54
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1517

Actions (login required)

View Item View Item