PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 101804 GEDUNG JOHOR KECAMATAN NAMO RAMBE TAHUN AJARAN 2021/2022

AGUSNINTA, SRI YESI, 1805030028 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 101804 GEDUNG JOHOR KECAMATAN NAMO RAMBE TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SKRIPSI__SRI YESI AGUSNINTA - COV-DAF ISI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI__SRI YESI AGUSNINTA - ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI__SRI YESI AGUSNINTA - BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI__SRI YESI AGUSNINTA - BAB 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI__SRI YESI AGUSNINTA - BAB 3__BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI__SRI YESI AGUSNINTA - DAF PUS.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI__SRI YESI AGUSNINTA - LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dalam materi fotosintesis dengan menggunakan Video Animasi dengan pembelajaran Konvensional di kelas IV SD Negeri 101804 Gedung Johor Kecamatan Namo Rambe Tahun Ajaran 2021/2022. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 101804 Gedung Johor Kecamatan Namo Rambe pada tanggal 20 April sampai 22 April 2022 sebagai subjeknya adalah siswa kelas IVa dan IVb dengan jumlah seluruh 42 siswa dan sebagai objek penelitian ini adalah Video Animasi terhadap hasil belajar siswa materi fotosintesis, dengan menggunakan tes pilihan berganda sebanyak 10 soal. Peneliti mendapat nilai ratarata siswa di pre test dikelas IVa ada 20 orang dan dikelas IVb ada 22 orang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan instrumen test pilihan berganda sebanyak 10 soal yang telah divalidasi oleh validator. Sebelum melakukan pembelajaran hasil rata-rata tes awal IVa = 41,00 dan rata-rata hasil belajar IVb = 43,18. Setelah dilaksanakan pembelajaran pada kelas IVb dengan menggunakan Media Video Animasi dan setelah dilakukan tes akhir siswa memperoleh rata-rata 82,16 sedangkan hasil belajar pada kelas IVa dengan menggunakan pembelajaran konvensional memperoleh rata-rata 73,20. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa dengan menggunakan media video animasi diperoleh nilai rata-rata 82,16, hasil belajar siswa dengan pembelajaran Konvensional diperoleh rata-rata 73,20, hasil belajar siswa dengan menggunakan Media Video Animasi berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri 101804 Gedung Johor Kecamatan Namo Rambe Tahun Ajaran 2021/2022, hasil belajar dengan menggunakan konvensional kurang signifikan karena cara belajar menggunakan konvensional kurang menarik pada belajar untuk siswa di SD Negeri 101804 Gedung Johor Kecamatan Namo Rambe Tahun Ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Animated Video Media, Conventional Learning, Learning Outcomes, Science.
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IJuniko Esra Tarigan, S.Pd, M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0110068902
Pembimbing IIDr. Gemala Widiyarti, S.Sos.I., M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0123098602
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SRI YESI AGUSNINTA
Date Deposited: 27 Jul 2022 03:58
Last Modified: 27 Jul 2022 03:58
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1519

Actions (login required)

View Item View Item