PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) MATERI SIKAP KERJA SAMA DALAM BERBAGAI KERAGAMAN SUKU BANGSA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 101804 GEDUNG KECAMATAN NAMO RAMBE TAHUN AJARAN 2021/2022

SURBAKTI, ARIA ALDI NANTA, 1905030044 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) MATERI SIKAP KERJA SAMA DALAM BERBAGAI KERAGAMAN SUKU BANGSA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 101804 GEDUNG KECAMATAN NAMO RAMBE TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER LENGKAP SKRIPSI ARIA_REPOSITORY.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK LENGKAP SKRIPSI ARIA_REPOSITORY.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (519kB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI ARIA_REPOSITORY.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (562kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI ARIA_REPOSITORY.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (960kB)
[img] Text
BAB III - V SKRIPSI ARIA_REPOSITORY.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (907kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI ARIA_REPOSITORY.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (494kB)
[img] Text
LAMPIRAN SKRIPSI ARIA_RUMUS RUMUS_REPOSITORY.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (604kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa yang digunakan dalam pembelajaran PKn. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 101804 Gedung Johor Kecamatan Namo Rambe. Kelas Eksperimen adalah Kelas IV-A dan kelas Kontrol adalah Kelas IV-B. Penelitian ini berlangsung pada bulan Maret 2022. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa tes objektif soal essay. Data hasil instrument tes dianalisis secara kuantitatif. Berdasarkan analisis data tes, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Model Pembelajaran PBL terhadap hasil belajar siswa pada materi sikap kerja sama dalam berbagai keragaman suku bangsa. Hal tersebut didasarkan pada hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t terhadap data post test. Hasil ini menunjukkan bahwa t = 1.784 > t_((0.975)(38)) = 2.012. Dari kriteria pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran PBL lebih baik dari pada hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran Konvensional di kelas IV SD Negeri 101804 Gedung Johor Kecamatan Namo Rambe Tahun Ajaran 2021/2022. Selain itu nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas Eksperimen adalah 84.85 dan nilai rata-rata hasi belajar kelas Kontrol adalah 69.97, hal ini menunjukkan kelas Eksperimen lebih tinggi dibandingkan rata-rata hasil belajar siswa kelas Kontrol. Respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi sikap kerja sama dalam berbagai keragaman suku bangsa berada dalam kategori baik.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Essay test, Learning Outcomes, PBL Learning Model
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 320 Political and Government Science > 321 System of Government and States
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDR. SRIE FAIZAH LISNASARI,, M.Sidosen@gmail.comNIP. 25026706/196702251998012001
Pembimbing IIDrs. YASON MENDROFA,, M.PDdosen@gmail.comNIDN. 0102075901
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: ARIA ALDI NANTA SURBAKTI
Date Deposited: 27 Jul 2022 07:21
Last Modified: 27 Jul 2022 07:21
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1520

Actions (login required)

View Item View Item