PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD NEGERI 043942 MBAL-MBAL PETARUM

SEMBIRING, EKA VALENTINA BR, 1805030123 (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD NEGERI 043942 MBAL-MBAL PETARUM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SKRIPSI__EKA VALENTINA BR SEMBIRING _COV - DAF ISI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI__EKA VALENTINA BR SEMBIRING - ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI__EKA VALENTINA BR SEMBIRING - BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI__EKA VALENTINA BR SEMBIRING - BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI__EKA VALENTINA BR SEMBIRING - BAB III__BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI__EKA VALENTINA BR SEMBIRING - DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI__EKA VALENTINA BR SEMBIRING - LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran dengan menggunakan Picture and Picture dalam meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA pada pokok bahasan rantai makanan. Dari hasil penelitian dilakukan dengan menggunakan Picture and Picture pada Siklus I hasil observasi guru 66% dan observasi aktivitas siswa adalah 62 dengan kategori cukup. Ketuntasan hasil belajar Siklus I diperoleh 5 orang yang tuntas dengan persentase 42% dan 7 orang yang tidak tuntas dengan persentase 58% dengan nilai rata-rata 65 sedangkan pada Siklus II, hasil observasi guru 92% dan observasi siswa 80 dengan kategori baik. Ketuntasan hasil belajar siswa diperoleh 10 orang siswa yang tuntas dengan persentasi 83% dan 2 orang yang tidak tuntas dengan persentase 17% dengan hasil nilai rata-rata Siklus II sebesar 75. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan dari model pembelajaran dengan menggunakan Picture and Picture pada pelajaran IPA pada pokok bahasan rantai makanan di Kelas IV SD Negeri 043942 Mbal-Mbal Petarum meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: FOOD CHAIN, IPA, PICTURE AND PICTURE
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IIrwansyah, M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0115098701
Pembimbing IIFrikson Jony Purba, M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0104048701
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: EKA VALENT BR SEMBIRING
Date Deposited: 28 Jul 2022 03:23
Last Modified: 28 Jul 2022 03:23
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1521

Actions (login required)

View Item View Item