PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA PADA MATA PELAJARAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI PERCONTOHAN KABANJAHE TAHUN AJARAN 2021/2022

SEMBIRING, RINDIYANI MARSELINA, 1805030115 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA PADA MATA PELAJARAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI PERCONTOHAN KABANJAHE TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (178kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (245kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (171kB)
[img] Text
BAB III - V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (909kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (144kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division)di kelas VSD Negeri Percontohan Kabanjahe Tahun Ajaran 2021/2022. Ada pun masalah dari sekolah tersebut yaitu rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA materi perubahan wujud benda. Populasi siswa kelas V sebanyak 2 kelas dengan jumlah siswa kelas eksperimen 29 orang dan kelas kontrol 28 orang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dan instrument penelitian ini adalah tes essay sebanyak 5 soal. Berdasarkan perhitingan rat-rata tes akhir siswa diperoleh rata-rata hasil belajar di kelas eksperimen 80,45 dan rata-rata hasil hasil belajar di kelas kontrol 70,75. Tabel frekuensi nilai tes akhir kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat distribusikan dalam table frekuensi relative kemudian di gambarkan ke dalam bentuk diagram untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah dilaksanakan pembelajaran dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) di kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional. Penguji hipotesis menggunakan uji independen antara dua faktor dengan dengan taraf signifikan = 14,309 sedangkan ( ) = 9,49 maka nilai > terima atau Ada pengaruh signifikan dengan menggunakan metode pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada materi Perubahan Wujud Benda kelas V SD Negeri Percontohan Kabanajahe Tahun Ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: STAD Type Cooperative Model, Student Learning Outcomes
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing ISiti Rakiyah, S.Pd.,M.Humdosen@gmail.comNIDN. 110058507
Pembimbing IIHotma Tiolina Siregar, S.Pd.,M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0112078003
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: RINDIYANI MARSELINA SEMBIRING
Date Deposited: 28 Jul 2022 03:33
Last Modified: 28 Jul 2022 03:33
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1523

Actions (login required)

View Item View Item