SEMBIRING, RINDIYANI MARSELINA, 1805030115 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA PADA MATA PELAJARAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI PERCONTOHAN KABANJAHE TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
COVER SKRIPSI.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (178kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (245kB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (171kB) |
|
Text
BAB III - V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (909kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (144kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (6MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division)di kelas VSD Negeri Percontohan Kabanjahe Tahun Ajaran 2021/2022. Ada pun masalah dari sekolah tersebut yaitu rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA materi perubahan wujud benda. Populasi siswa kelas V sebanyak 2 kelas dengan jumlah siswa kelas eksperimen 29 orang dan kelas kontrol 28 orang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dan instrument penelitian ini adalah tes essay sebanyak 5 soal. Berdasarkan perhitingan rat-rata tes akhir siswa diperoleh rata-rata hasil belajar di kelas eksperimen 80,45 dan rata-rata hasil hasil belajar di kelas kontrol 70,75. Tabel frekuensi nilai tes akhir kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat distribusikan dalam table frekuensi relative kemudian di gambarkan ke dalam bentuk diagram untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah dilaksanakan pembelajaran dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) di kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional. Penguji hipotesis menggunakan uji independen antara dua faktor dengan dengan taraf signifikan = 14,309 sedangkan ( ) = 9,49 maka nilai > terima atau Ada pengaruh signifikan dengan menggunakan metode pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada materi Perubahan Wujud Benda kelas V SD Negeri Percontohan Kabanajahe Tahun Ajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | STAD Type Cooperative Model, Student Learning Outcomes | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | RINDIYANI MARSELINA SEMBIRING | ||||||||||||
Date Deposited: | 28 Jul 2022 03:33 | ||||||||||||
Last Modified: | 28 Jul 2022 03:33 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1523 |
Actions (login required)
View Item |