BANGUN, SARI MARINA BR, 1805030047 (2022) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI HEWAN DAN TUMBUHAN DI KELAS IV SD NEGERI 055976 CANGKULAN KECAMATAN KUTAMBARU T.A 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY MEDAN.
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
ABTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (166kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (206kB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (456kB) |
|
Text
BAB III - BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (595kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (101kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalh untuk mengetahui kemampuan, kesulitan dan faktor penyebab kesulitan apa yang di hadapi oleh siswa terhadap materi hewan dan tumbuhan pada mata pelajaran IPA kelas IV SD. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 055976 Cangkulan yang berjumlah 26 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes dan wawancara. Teknik analisa data adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa Gambaran kemampuam siswa pada materi Hewan Dan Tumbuhan siswa kelas IV SD Negeri 055976 Cangkulan yaitu 49,15 dengan kriteria rata-rata kurang mampu, kesulitan belajar IPA pada materi hewan dan tumbuhan siswa kelas IV SD Negeri 055976 Cangkulan Tahun Ajaran 2021/2022 adalah memahami bentuk luar tubuh hewan dan memahami bentuk luar tubuh tumbuhan, dan faktor penyebab kesulitan siswa belajar IPA materi hewan dan tumbuhan siswa kelas IV SD Negeri 055976 Cangkulan Tahun Ajaran 2021/2022 yaitu kurangnya motivasi siswa dalam belajar hewan dan tumbuhan, tidak ada kedisiplinan siswa dalam mengumpulkan tugas yang diberikan, kurangnya peran guru dalam proses pembelajaran dan penggunaan media, sehingga anak tersebut lebih pasif dalam pembelajaran. Dan dari orang tua yaitu kurangnya motivasi dan peran orang tua terhadap anak, sehingga anak tersebut mendapat nilai rendah.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analysis,Difficulty,and Learning Outcomes. | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Sari Marin Br Bangun | ||||||||||||
Date Deposited: | 28 Jul 2022 04:39 | ||||||||||||
Last Modified: | 28 Jul 2022 04:39 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1524 |
Actions (login required)
View Item |