ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN MAKANANNYA DI KELAS IV SD NEGERI 055976 CANGKULAN KEC. KUTAMBARU T.A 2021/2022

GINTING, SINDYANA CLAUDIA BR, 1805030091 (2022) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN MAKANANNYA DI KELAS IV SD NEGERI 055976 CANGKULAN KEC. KUTAMBARU T.A 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY MEDAN.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (73kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (108kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (565kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (506kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (28kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa, kesulitan siswa, dan faktor apa saja yang menyebabkan siswa kesulitan dalam memahami materi penggolongan hewan berdasarkan makanannya di Kelas IV SD. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 055976 Cangkulan Kec. Kutambaru yang berjumlah 26 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes dan wawancara. Teknik analisa data adalah deskriptif kualitatif.Berdasarkan analisis yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam memahami materi penggolongan hewan berdasarkan makanannya di kelas IV SD Negeri 055976 Cangkulan T.A 2021/2022 berkriteria sangat kurang dengan rata-rata 66,54, kesulitan siswa dalam memahami materi penggolongan hewan berdasarkan makanannya di kelas IV SD Negeri 055976 Cangkulan T.A 2021/2022 yaitu memahami ciri-ciri hewan pemakan daging dan tumbuhan dengan persentase kesulitan 73,08% atau berkriteria tinggi, dan faktor yang menyebabkan kesulitan siswa dalam memahami materi penggolongan hewan berdasarkan makanannya di kelas IV SD Negeri 055976 Cangkulan T.A 2021/2022 ialah guru kurang dalam penggunaan media dan model pembelajaran yang relevan saat mengajarkan materi penggolongan hewan berdasarkan makanannya sehingga siswa bosan dan kurangnya pemahaman siswa juga rasa ketidaktertarikan siswa untuk belajar di rumah maupun di kelas materi penggolongan hewan berdasarkan makanannya.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analysis,Difficulty,and leraning Outcomes
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IIrwansyah, S.Pd.,M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0115098701
Pembimbing IIRita Herlina Br PA, M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0129078503
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Sindyana C Br Ginting
Date Deposited: 28 Jul 2022 07:26
Last Modified: 28 Jul 2022 07:26
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1528

Actions (login required)

View Item View Item