GINTING, SINDYANA CLAUDIA BR, 1805030091 (2022) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN MAKANANNYA DI KELAS IV SD NEGERI 055976 CANGKULAN KEC. KUTAMBARU T.A 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY MEDAN.
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (73kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (108kB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (565kB) |
|
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (506kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (28kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa, kesulitan siswa, dan faktor apa saja yang menyebabkan siswa kesulitan dalam memahami materi penggolongan hewan berdasarkan makanannya di Kelas IV SD. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 055976 Cangkulan Kec. Kutambaru yang berjumlah 26 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes dan wawancara. Teknik analisa data adalah deskriptif kualitatif.Berdasarkan analisis yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam memahami materi penggolongan hewan berdasarkan makanannya di kelas IV SD Negeri 055976 Cangkulan T.A 2021/2022 berkriteria sangat kurang dengan rata-rata 66,54, kesulitan siswa dalam memahami materi penggolongan hewan berdasarkan makanannya di kelas IV SD Negeri 055976 Cangkulan T.A 2021/2022 yaitu memahami ciri-ciri hewan pemakan daging dan tumbuhan dengan persentase kesulitan 73,08% atau berkriteria tinggi, dan faktor yang menyebabkan kesulitan siswa dalam memahami materi penggolongan hewan berdasarkan makanannya di kelas IV SD Negeri 055976 Cangkulan T.A 2021/2022 ialah guru kurang dalam penggunaan media dan model pembelajaran yang relevan saat mengajarkan materi penggolongan hewan berdasarkan makanannya sehingga siswa bosan dan kurangnya pemahaman siswa juga rasa ketidaktertarikan siswa untuk belajar di rumah maupun di kelas materi penggolongan hewan berdasarkan makanannya.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analysis,Difficulty,and leraning Outcomes | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Sindyana C Br Ginting | ||||||||||||
Date Deposited: | 28 Jul 2022 07:26 | ||||||||||||
Last Modified: | 28 Jul 2022 07:26 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1528 |
Actions (login required)
View Item |