ANALISIS EFIKASI DIRI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD SWASTA DHARMA WANITA JL. MELATI II NO.30 SEMPAKATA, KECAMATAN MEDAN SELAYANG TAHUN AJARAN 2021/2022

RAHAYU, ENDANG DWI, 1805030043 (2022) ANALISIS EFIKASI DIRI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD SWASTA DHARMA WANITA JL. MELATI II NO.30 SEMPAKATA, KECAMATAN MEDAN SELAYANG TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (96kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (242kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (214kB)
[img] Text
BAB III -V.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (736kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (221kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk; 1) Mengetahui gambaran dimensi magnitude siswa pada pembelajaran matematika di SD Swasta Dharma Wanita. 2) Mengetahui gambaran dimensi generality siswa pada pembelajaran matematika di SD Swasta Dharma Wanita. 3) Mengetahui gambaran dimensi strengthsiswa pada pembelajaran matematika di SD Swasta Dharma Wanita. Jenis Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dekskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua yaitu, data primer dan data sekunder. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan 2 teknik pengumpulan data yaitu angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa:1) Efikasi diri siswa pada pembelajaran matematika pada dimensi magnitude di SD Swasta Dharma Wanita berada pada katagori yang tinggi dengan persentase rata-rata sebesar 71%. Hal ini menunjukan bahwa siswa ketika dihadapkan pada permasalahan matematika dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda, mereka tidak hanya menyelesaikan tugas yang memiliki tingkat kesulitan yang rendah atau mudah saja dan menghindari tugas-tugas yang memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Akan tetapi, mereka akan terus berusaha untuk menyelesaikan semua permasalahan yang dihadapinya. 2) Efikasi diri siswa pada pembelajaran matematika pada dimensi generality di SD Swasta Dharma Wanita berada pada kategori tinggi dengan indeks persentase rata-rata sebesar 72%. Hal ini menunjukkan bahwa mereka memiliki keyakinan yang besar terhadap diri mereka sendiri bahwa mereka mampu menyelesaikan ragam persoalan yang mereka hadapi. 3) Efikasi diri siswa pada pembelajaran matematika pada dimensi strength di SD Swasta Dharma Wanita juga berada pada kategori yang tinggi dengan indeks persentase rata-rata sebesar 70%. Hal ini menunjukan bahwa siswa memiliki keyakinan dan harapan yang kuat terhadap kemampuan dirinya dalam menyelesaikan suatu masalah. Keyakinan yang kuat ini akan mendorong mereka untuk terus mencapai tujuannya meskipun mereka telah mendapatkan pengalaman yang tidak menyenangkan sebelumnya.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analysis, Self-Efficacy and Mathematics Learning
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing ISiti Zahara H. Harahap, S.Pd., M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0114078802
Pembimbing IIDr. Gemala Widiyarti, S.SoS,I., M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0123098602
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: ENDANG DWI RAHAYU
Date Deposited: 29 Jul 2022 08:03
Last Modified: 29 Jul 2022 08:03
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1532

Actions (login required)

View Item View Item