ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SD NEGERI 044843 PERTUMBUNGEN TAHUN AJARAN 2021/2022

SITEPU, ICE ARSELLA BR, 1805030066 (2022) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SD NEGERI 044843 PERTUMBUNGEN TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (991kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (97kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (235kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (204kB)
[img] Text
BAB III - V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (488kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (144kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kemampuan siswa bangun ruang, kesulitan belajar matematika materi bangun ruang, dan mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar matematika pada materi bangun ruang di kelas V SD Negeri 044843 Pertumbungen Tahun Ajaran 20212022. Sebagai populasi adalah seluruh siswa kelas V 044843 Pertumbungen yang berjumlah 25 orang dan sekaligus sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes dan wawancara, teknis analisis data menggunakan rumus persentase, rata-rata dan kriteria penilaian. Hasil penelitian di SD Negeri 044843 Pertumbungen menunjukkan bahwa (1) kesulitan belajar matematika siswa adalah kesulitan dimana siswa tidak dapat mengerjakan soal bangun ruangkarena tidak mengerti dan tidak memahami pembelajaran matematika bangun ruang. (2) faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matematika yaitu siswa kurang paham atau masih belum mengerti dalam belajar pembelajaran Matematika materi bangun ruang dan siswa tidak mampu mengerjakan soal bangun ruang dan mengakibatkan sisa berkesulitan sehingga tidak bisa mengerjakan soal tersebut dan pada saat di rumah siswa tidak mengulang kembali pelajaran Matematika, dan faktor lainnya siswa tidak suka dan tidak tertarik belajar Matematika sehingga saat belajar tidak fokus dan malas.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Difficulty learning Mathematics, Geometrical
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IVera Dewi Kartini Ompusunggu, M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0121048704
Pembimbing IIDr. Gemala Widiyarti, S.SoS,I., M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0123098602
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: ICE ARSELL BR SITEPU
Date Deposited: 29 Jul 2022 08:10
Last Modified: 29 Jul 2022 08:10
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1533

Actions (login required)

View Item View Item