ANALISIS KESULITAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI KONDUKTOR DAN ISOLATOR KELAS V SD NEGERI 105267 SEI MENCIRI T.A 2021/2022

PEBRIANTI, LINA, 1805030038 (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI KONDUKTOR DAN ISOLATOR KELAS V SD NEGERI 105267 SEI MENCIRI T.A 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (110kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (368kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (493kB)
[img] Text
BAB 3-5.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (245kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini terdiri dari (1) untuk mengetahui gambaran kemampuan pada pembelajaran IPA materi konduktor dan isolator, (2) untuk mengetahui kesulitan belajar pada pembelajaran IPA materi konduktor dan isolator, (3) untuk mengetahui apa aja factor-faktor kesulitan belajar pada pembelajaran IPA materi konduktor dan isolator siswa kelas V SD Negeri 105267 Sei Mencirim T.A 2021/2022.. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 105267 Sei Mencirim semester II Tahun Pelajaran 2021/2022. Subjek penelitian ini adalah siswa yang memperoleh nilai di bawah standar kriteria ketuntasan minimal padapelaksanaan tes awal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 105267 Sei Mencirim berjumlah 31 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah tes dan wawancara. Setelah melakukan analisis data terhadap hasil penelitian maka diperoleh hasil belajar siswa yang di ajarkan dengan menggunakan tes dan wawancara berdasarkan perhitungan nilai rata-rata siswa kelas V SD Negeri 105267 Sei Mencirim di peroleh nilai 59,51 yang berkatagori kurang mampu, Analisis kesulitan belajar pada pembelajaran IPA materi konduktor dan isolator kelas V SD Negeri Sei Mencirim T.A 2021/2022 adalah siswa yang tidak terlalu suka materi IPA terkhusus materi konduktor dan isolator, kurang pemahaman siswa dalam membedakan pengertian dan contoh benda konduktor dan isolator. Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar pada siswa kelas V pada materi konduktor dan isolator Sei Mencirim T.A 2021/2022 adalah Faktor internal yaitu bakat dan minat, motivasi dan semangat belajar, hiperaktif dan siswa belum memahami materi dengan baik, sedangkan faktor eksternalnya yaitu guru jarang memeriksa atau menilai hasil belajar siswa yang telah dikerjakannya siswa dikelas, dan cara mengajar guru masih kurang tepat dalam pembelajaran yang diajarkannya.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Difficulty Analysis, Ability Description, Difficulty Factors, Causes of Difficulty in Conductor and Insulator Materials
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IJainal B. Togatorop, S.Pd.,M.Pddosen@gmail.comNIDN. 01240228702
Pembimbing IIDr. Gemala Widiyarti, S.Sos.I., M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0123098602
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: LINA PEBRI TARIGAN
Date Deposited: 29 Jul 2022 08:19
Last Modified: 29 Jul 2022 08:19
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1536

Actions (login required)

View Item View Item