ANALISIS KESULITAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 060938 KWALA BEKALA TAHUN AJARAN 2021/2022

MANURUNG, MARINTAN DELVY YOLANDA, 1805030039 (2022) ANALISIS KESULITAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 060938 KWALA BEKALA TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (430kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (456kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (505kB)
[img] Text
BAB III - V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (958kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (343kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian dilakukan adalah untuk mengetahui gambaran kemampuan, kesulitan, dan faktor penyebab kesulitan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri 060938 Kwala Bekala. Jenis Penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas IV SD Negeri 060938 Kwala Bekala pada tanggal 20-22 April 2021. Alat pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes essay dan wawancara. Tes digunakan untuk mengetahui kemampuan dan kesulitan siswa, sedangkan wawancara digunakan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan siswa. Pipulasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 060938 Kwala Bekala dan sekaligus juga sebagai sampel dalam penelitian. Berdasarkan analisis data yang diperoleh bahwa (1) kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri 060938 Kwala Bekala diperoleh rata-rata 64,41 dan termasuk kedalam kriteria kurang mampu. (2) berdasarkan soal tes yang diberikan kesulitan yang dialami siswa terdapat pada pemahaman kritis yaitu persentase 81,82% dan pemahaman kreatif yaitu persentase 90,91% yang termasuk kedalam kriteria kesulitan sangat tinggi. (3) faktor penyebab kesulitan siswa membaca pemahaman yaitu kurangnya minat dan motivasi siswa dalam belajar Bahasa Indonesia, siswa kurang memahami materi atau isi bacaan dan sebagian siswa kurang gemar membaca serta minat membaca siswa rendah.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ability to Reading Comprehension, Difficulty, Cause Difficulty in Reading Comprehension
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.4 Reading
400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs.Pandapotan Tambunan, M.Pddosen@gmail.comNIP. 196602101992031001
Pembimbing IIJuniko Esra Tarigan, M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0110068902
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Marintan D Yolanda Manurung
Date Deposited: 29 Jul 2022 08:58
Last Modified: 29 Jul 2022 08:58
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1538

Actions (login required)

View Item View Item