PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 065001 KECAMATAN MEDAN LABUHAN TAHUN AJARAN 2021/2022

MARPAUNG, DESI KRISTIANI, 1805030024 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 065001 KECAMATAN MEDAN LABUHAN TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (46kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (121kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (270kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (472kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (44kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini terdiri dari (1) untuk mengetahui hasil belajar siswa yang di ajarkan dengan menggunakan model Problem Based Learning pada mata pelajaran IPA materi gaya dan gerak, (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa yang di ajarkan dengan menggunakan model konvensional pada mata pelajaran IPA materi gaya dan gerak, (3) untuk mengetahui apakah ada pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi gaya dan gerak di kelas IV SD Negeri 065001 Kecamatan Medan Labuhan Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 065001 Kecamatan Medan Labuhan Semester II Tahun Pelajaran 2021/2022. Subjek penelitian ini adalah siswa yang memperoleh nilai dibawah standar kriteria ketuntasan minimal pada pelaksanaan tes awal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 065001 Kecamatan Medan Labuhan berjumlah 60 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Tenik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah tes. Setelah melakukan analisis data terhadap hasil penelitian maka diperoleh hasil belajar siswa yang di ajarkan dengan menggunakan model Problem Based Learning materi gaya dan gerak berdasarkan perhitungan nilai rata-rata siswa kelas IV SD Negeri 065001 Kecamatan Medan Labuhan diperoleh nilai 86 yang berkategori mampu. Sedangkan hasil belajar siswa yang di ajarkan dengan menggunakan model konvensional dalam materi gaya dan gerak berdasarkan perhitungan nilai rata-rata siswa kelas IV SD Negeri 065001 Kecamatan Medan Labuhan diperoleh nilai 68,33 yang berkategori kurang mampu. Terdapat pengaruh signifikan menggunakan model Problem Based Learning dengan menggunakan model Problem Based Learning materi gaya dan gerak kelas IV SD Negeri 065001 Kecamatan Medan Labuhan

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Effect of Problem Based Learning Model, Style and Movement.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. DEDI HOLDEN SIMBOLON, S.Si., M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0103118701
Pembimbing IIJuniko Esra Tarigan, S.Pd., M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0110068902
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: DESI KRIST BR MARPAUNG
Date Deposited: 29 Jul 2022 09:22
Last Modified: 29 Jul 2022 09:22
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1540

Actions (login required)

View Item View Item