ANALISIS KESULITAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 105267 SEI MENCIRIM TAHUN AJARAN 2021/2022

GINTING, VALENTINA CHRISTY, 1805030096 (2022) ANALISIS KESULITAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 105267 SEI MENCIRIM TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (549kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (455kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (591kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (202kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kemampuan siswa, mengetahui kesulitan belajar siswa, dan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar siswa kelas IV SD Negeri 105267 Sei Mencirim. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Jumlah soal tes ada 5 soal yang bertujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan siswa dan wawancara berjumlah 5 butir pernyataan yang bertujuan untuk mencari faktor kesulitan belajar siswa. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan maka gambaran kemampuan siswa didapat pada kategori rendah yaitu 65,00. Hasil tersebut diperoleh dari menghitung nilai rata-rata 29 orang setelah diberi soal tes sejumlah 5 soal. Sedangkan kesulitan belajar siswa dapat ditentukan dengan rumus : P = x 100%. Dimana P adalah Persentase Jawaban, f adalah frekuensi jawaban salah, dan N adalah banyaknya siswa. Dan untuk mendapatkan faktor kesulitan belajar siswa dapat diperoleh dengan memberikan wawancara yang isinya adalah 5 pernyataan yang diberikan kepada siswa yang nilainya dibawah KKM. Berdasarkan analisis yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa faktor kesulitan belajar siswa memliki 2 faktor yaitu factor internal dan eksternal. Faktor internal atau faktor yaitu seperti siswa kurang paham dalam pembelajaran IPA materi gaya dan faktor eksternal yaitu siswa tidak diajari atau diarahkan oleh orang tua saat belajar dirumh dan guru tidak menggunakan media atau alat peraga sewaktu mengajar.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analysis,Learning Difficulty, and Natural Science
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Ulfah Sari Rezeki, M.Pddosen@gmail.comNIDN. 106129001
Pembimbing IIQori Rizqiah H. Kalingga, S.H.I.,MAdosen@gmail.comNIDN. 0123098602
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: VALENTINA CHRISTY
Date Deposited: 29 Jul 2022 09:48
Last Modified: 29 Jul 2022 09:48
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1541

Actions (login required)

View Item View Item