GINTING, VALENTINA CHRISTY, 1805030096 (2022) ANALISIS KESULITAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 105267 SEI MENCIRIM TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (549kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (455kB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (591kB) |
|
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (202kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kemampuan siswa, mengetahui kesulitan belajar siswa, dan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar siswa kelas IV SD Negeri 105267 Sei Mencirim. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Jumlah soal tes ada 5 soal yang bertujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan siswa dan wawancara berjumlah 5 butir pernyataan yang bertujuan untuk mencari faktor kesulitan belajar siswa. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan maka gambaran kemampuan siswa didapat pada kategori rendah yaitu 65,00. Hasil tersebut diperoleh dari menghitung nilai rata-rata 29 orang setelah diberi soal tes sejumlah 5 soal. Sedangkan kesulitan belajar siswa dapat ditentukan dengan rumus : P = x 100%. Dimana P adalah Persentase Jawaban, f adalah frekuensi jawaban salah, dan N adalah banyaknya siswa. Dan untuk mendapatkan faktor kesulitan belajar siswa dapat diperoleh dengan memberikan wawancara yang isinya adalah 5 pernyataan yang diberikan kepada siswa yang nilainya dibawah KKM. Berdasarkan analisis yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa faktor kesulitan belajar siswa memliki 2 faktor yaitu factor internal dan eksternal. Faktor internal atau faktor yaitu seperti siswa kurang paham dalam pembelajaran IPA materi gaya dan faktor eksternal yaitu siswa tidak diajari atau diarahkan oleh orang tua saat belajar dirumh dan guru tidak menggunakan media atau alat peraga sewaktu mengajar.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analysis,Learning Difficulty, and Natural Science | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | VALENTINA CHRISTY | ||||||||||||
Date Deposited: | 29 Jul 2022 09:48 | ||||||||||||
Last Modified: | 29 Jul 2022 09:48 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1541 |
Actions (login required)
View Item |