PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 101797 DELITUA TAHUN AJARAN 2021/2022

KARO PURBA, DESY VLORENTINA BR, 1805030097 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 101797 DELITUA TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
1. COVER SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
2. ABSTRAK SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (725kB)
[img] Text
3. BAB I SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB II SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
5. BAB III, IV DAN V SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
6. DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (483kB)
[img] Text
7. LAMPIRAN DAN DOKUMENTASI SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (18MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA materi gaya di kelas IV SD Negeri 101797 Delitua Tahun Ajaran 2021/2022. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 101797 Delitua pada tanggal 14 sampai 23 April 2022 sebagai subjeknya adalah siswa kelas IV A berjumlah 30 siswa dan kelas IV B berjumlah 30 siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan instrumen penelitian yaitu tes uraian yang telah divalidasi oleh validator. Sebelum melakukan pembelajaran hasil rata-rata tes awal kelas IV A = 53,17 dan kelas IV B = 51,17. Setelah dilaksanakan pembelajaran pada kelas IV A dengan menggunakan pembelajaran konvensional dan kelas IV B dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing maka diperoleh hasil rata-rata tes akhir kelas IV A = 71,50 dan kelas IV B = 82,67. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji independen antara dua faktor chi kuadrat dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh = 8,89 > = 5,99. Dari pengujian hipotesis maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Snowball Throwing ada pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 101797 Delitua Tahun Ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning, Learning Outcomes, Snowball Throwing Model
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Gemala Widiyarti, S.Sos.I., M.Pddosen@gmail.comNIDN.0123098602
Pembimbing IIRinci Simbolon, M.Pddosen@gmail.comNIDN.0121118703
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: DESY VLORE BR KARO PURBA
Date Deposited: 01 Aug 2022 04:23
Last Modified: 01 Aug 2022 04:23
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1542

Actions (login required)

View Item View Item