ANALISIS KESULITAN BELAJAR PADA MATERI PERUBAHAN SIFAT BENDA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 163080 TEBING TINGGI TAHUN AJARAN 2021/2022

BARUS, FANNI YOLANDA BR, 1805030120 (2022) ANALISIS KESULITAN BELAJAR PADA MATERI PERUBAHAN SIFAT BENDA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 163080 TEBING TINGGI TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (491kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (519kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (711kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (977kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (397kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran hasil belajar siswa, mengetahui kesulitan belajar siswa, dan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar siswa dalam materi perubahan sifat benda pada mata pelajaran IPA kelas V SD. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 163080 Tebing Tinggi yang berjumlah 27 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes dan wawancara. Teknik analisa data adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa gambaran hasil belajar siswa pada materi perubahan sifat benda mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 163080 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2021/2022 dengan rata-rata hasil tes 63,26 masuk dalam kriteria kurang mampu, kesulitan belajar siswa dalam materi perubahan sifat benda pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 163080 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2021/2022 ialah memahami pengertian perubahan sifat benda yang dapat balik dan tidak dapat balik, memahami contoh perubahan sifat benda yang dapat balik, dan faktor penyebab kesulitan belajar siswa dalam materi perubahan sifat benda pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 163080 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2021/2022 ialah siswa tidak memahami materi perubahan sifat benda karena kurang mengerti dan kurang tertarik mempelajarinya dan tidak pernah mengulangi pembelajaran IPA materi perubahan sifat benda, dan siswa sulit dalam menghapal atau mengingat kembali materi perubahan sifat benda.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analysis, Difficulty, and Learning Outcomes
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRITA HERLINA BR PA, M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0129078503
Pembimbing IIHOTMA TIOLINA SIREGAR, S.Pd., M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0112078003
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: FANNI YOLA BR BARUS
Date Deposited: 01 Aug 2022 04:45
Last Modified: 01 Aug 2022 04:45
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1543

Actions (login required)

View Item View Item