BARUS, FANNI YOLANDA BR, 1805030120 (2022) ANALISIS KESULITAN BELAJAR PADA MATERI PERUBAHAN SIFAT BENDA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 163080 TEBING TINGGI TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (491kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (519kB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (711kB) |
|
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (977kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (397kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran hasil belajar siswa, mengetahui kesulitan belajar siswa, dan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar siswa dalam materi perubahan sifat benda pada mata pelajaran IPA kelas V SD. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 163080 Tebing Tinggi yang berjumlah 27 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes dan wawancara. Teknik analisa data adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa gambaran hasil belajar siswa pada materi perubahan sifat benda mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 163080 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2021/2022 dengan rata-rata hasil tes 63,26 masuk dalam kriteria kurang mampu, kesulitan belajar siswa dalam materi perubahan sifat benda pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 163080 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2021/2022 ialah memahami pengertian perubahan sifat benda yang dapat balik dan tidak dapat balik, memahami contoh perubahan sifat benda yang dapat balik, dan faktor penyebab kesulitan belajar siswa dalam materi perubahan sifat benda pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 163080 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2021/2022 ialah siswa tidak memahami materi perubahan sifat benda karena kurang mengerti dan kurang tertarik mempelajarinya dan tidak pernah mengulangi pembelajaran IPA materi perubahan sifat benda, dan siswa sulit dalam menghapal atau mengingat kembali materi perubahan sifat benda.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analysis, Difficulty, and Learning Outcomes | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | FANNI YOLA BR BARUS | ||||||||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 04:45 | ||||||||||||
Last Modified: | 01 Aug 2022 04:45 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1543 |
Actions (login required)
View Item |