PENGARUH PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI CAHAYA DAN SIFAT-SIFATNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 104192 TANDAM HILIR II KECAMATAN HAMPARAN PERAK TAHUN AJARAN 2021/2022

SARI, NOVITA, 1805030197 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI CAHAYA DAN SIFAT-SIFATNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 104192 TANDAM HILIR II KECAMATAN HAMPARAN PERAK TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SKRIPSI__NOVITA SARI - COV_DAF ISI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI__NOVITA SARI - ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI__NOVITA SARI - BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI__NOVITA SARI - BAB 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI__NOVITA SARI - BAB 3 - BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI__NOVITA SARI - DAF PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI__NOVITA SARI - LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Hasil belajar siswa yang rendah disebabkan karena siswa bersifat pasif dalam proses pembelajaran, guru masih menggunakan metode ceramah tanpa variasi sehingga timbul kebosanan pada diri siswa, siswa tidak bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran, belum maksimalnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA karena rendahnya perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran, dan metode pembelajaran yang digunakan dalam penyampaian materi bersifat monoton mengakibatkan siswa kurang termotivasi untuk belajar. Penelitian di SD Negeri 104192 Tandam Hilir II Kecamatan Hamparan Perak dilakukan untuk mengetahui pelaksanaan penggunaan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA materi cahaya dan sifat-sifatnya terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 104192 Tandam Hilir II Kecamatan Hamparan Perak Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen dan pretest and posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah 52 siswa yang terdiri dari kelas IV-A 28 siswa dan IV-B 24 siswa. Test yang digunakan dalam penelitian ini yaitu test berbentuk uraian. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas data, uji homogenitas varians, dan uji independen antara dua faktor. Dari analis data diperoleh hasil rata-rata test awal hasil belajar siswa untuk kelas IV-A 64, setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi dan diberikan test akhir maka hasil rata-rata hasil belajar siswa kelas IV-A menjadi 77. Dan hasil rata-rata test awal hasil belajar siswa untuk kelas IV-B 65, setelah dilakukan pembelajaran tanpa menggunakan metode demonstrasi kemudian diberikan test akhir maka hasil rata-rata hasil belajar siswa menjadi 70. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis dengan uji independen antara dua faktor untuk data kelas IV-A dengan metode Demonstrasi dan kelas IV-B dengan metode ceramah dan penugasan diperoleh Xhitung ( X2) = 25,84 dan X tabel =9,49 Jadi nilai Xhitung lebih besar dari pada X tabel . Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA materi cahaya dan sifat-sifatnya terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 104192 Tandam Hilir II Kecamatan Hamparan Perak Tahun Ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Demonstration Method, Science Lessons
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Dedi Holden Simbolon, S.Si.,M.Pddedisimbolon.uq@gmail.comNIDN. 103118701
Pembimbing IIDrs. Heryanto, M.Pdazisheryanto64@gmail.comNIP. 1964121019921002
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: NOVITA SARI
Date Deposited: 05 Aug 2022 02:12
Last Modified: 05 Aug 2022 02:12
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1546

Actions (login required)

View Item View Item