PERBANDINGAN ANTARA MEDIA BLOK PECAHAN DAN MEDIA REALITA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SD NEGERI PERCONTOHAN KABANJAHE TAHUN AJARAN 2021/2022

MANIK, SRY KARTIKA BR, 1805030049 (2022) PERBANDINGAN ANTARA MEDIA BLOK PECAHAN DAN MEDIA REALITA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SD NEGERI PERCONTOHAN KABANJAHE TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER SRY.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK SRY.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (153kB)
[img] Text
BAB I SRY.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (167kB)
[img] Text
BAB II SRY.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (196kB)
[img] Text
BAB III - V SRY.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SRY.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (101kB)
[img] Text
LAMPIRAN SRY.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan media blok pecahan dan media realita.Jenis penelitian ini adalah (Quasi Eksperimen). Dengan desain yang digunakan dalam penelitian adalah Pretes-Postes Control Grup Design. Populasi yang digunakan adalah SDN Percontohan Kabanjahe Tahun Ajaran 2021/2022, Dengan sampel penelitian kelas III-A dan III-B sebagai kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II yang berjumlah 64 siswa. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar matematika dalam bentuk essay. Nilai hasil belajar siswa menggunakan media blok pecahan pada mata pelajaran matematika materi membandingkan pecahan di kelas eksperimen I yaitu di kelas III-A SD Negeri Percontohan Kabanjahe dengan nilai rata-rata 84,23. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajar dikelas eksperimen II yaitu di kelas III-B di SD Negeri Percontohan Kabanjahe menggunakan media realita adalah 65,72. Hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan media blok pecahan lebih baik daripada media realita pada siswa kelas III SD Negeri Percontohan Kabanjahe Tahun Ajaran 2021/2022 .

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Fraction Block Media, Mathematics Learning, Mathematics Learning Outcomes, Reality Media
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Gemala Widiyarti, S.Sos.I., M.Pddosen@gmail.comNIDN.0123098602
Pembimbing IIJuniko Esra Tarigan, S.Pd., M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0110068902
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SRY KARTIK BR MANIK
Date Deposited: 26 Aug 2022 06:53
Last Modified: 26 Aug 2022 06:53
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1548

Actions (login required)

View Item View Item