PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LEARNING PADA MATERI BUMI DAN ALAM SEKITARNYA PADA MATA PELAJARAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 064025 KEC. MEDAN TUNTUNGAN TAHUN AJARAN 2021/2022

GINTING, FATWATI BR, 1805030202 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LEARNING PADA MATERI BUMI DAN ALAM SEKITARNYA PADA MATA PELAJARAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 064025 KEC. MEDAN TUNTUNGAN TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
1 COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
2 ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (299kB)
[img] Text
3 BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (223kB)
[img] Text
4 BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (599kB)
[img] Text
5 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
6 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (130kB)
[img] Text
7 LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari penelitiani ini adalah untuk Hasil belajar siswa yang rendah disebabkan karena siswa bersifat pasif dalam proses pembelajaran, guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional tanpa variasi sehingga timbul kebosanan pada diri siswa, siswa tidak bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran, belum maksimalnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA karena rendahnya perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran, dan model pembelajaran yang digunakan dalam penyampaian materi bersifat monoton mengakibatkan siswa kurang termotivasi untuk belajar. Penelitian di SD Negeri 064025 Kec. Medan Tuntungan dilakukan untuk mengetahui pelaksanaan penggunaan model pembelajaran inquiry learning pada mata pelajaran IPA materi bumi dan alam sekitarnya terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 064025 Kec. Medan Tuntungan Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen dan pre test and post test control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah 56 siswa yang terdiri dari kelas V-C 28 siswa dan V-D 28 siswa. Test yang digunakan dalam penelitian ini yaitu test berbentuk uraian. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan yaitu mencari rata-rata , uji homogenitas, uji normalitas, dan uji t, uji independen antara dua faktor. Dari analis data diperoleh hasil rata-rata pre test hasil belajar siswa untuk kelas V-D 63, setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan model inquiry learning dan diberikan post test maka hasil rata-rata hasil belajar siswa kelas V-D menjadi 84. Dan hasil rata-rata pre test hasil belajar siswa untuk kelas V-C 67, setelah dilakukan pembelajaran tanpa menggunakan model inquiry learning kemudian diberikan post test maka hasil rata-rata hasil belajar siswa menjadi 79. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran inquiry learning pada mata pelajaran IPA materi bumi dan alam sekitarnya terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 064025 Kec. Medan Tuntungan Tahun Ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Inquiry Learning, Pelajaran IPA
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing ISITII RAKIYAH, S.Pd.,M.Humsitirakiyah09@gmail.comNIDN. 0110058507
Pembimbing IIDrs. PANDAPOTAN TAMBUNAN, M.Pddapot1002@gmail.comNIP. 196602101992031001
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fatwati br ginting
Date Deposited: 03 Aug 2022 08:03
Last Modified: 03 Aug 2022 08:03
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1549

Actions (login required)

View Item View Item