PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI GAYA DAN GERAK KELAS IV SD NEGERI 064025 FLAMBOYAN RAYA MEDAN TAHUN AJARAN 2021/2022

GINTING, SITI ARMI BR, 1805030126 (2022) PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI GAYA DAN GERAK KELAS IV SD NEGERI 064025 FLAMBOYAN RAYA MEDAN TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
1_COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
2 ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (349kB)
[img] Text
3 BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (694kB)
[img] Text
4 BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
5 BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
6 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (320kB)
[img] Text
7 LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Hasil belajar siswa yang rendah disebabkan karena siswa bersifat pasif dalam proses pembelajaran, guru masih menggunakan metode ceramah tanpa variasi sehingga timbul kebosanan pada diri siswa, siswa tidak bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran, belum maksimalnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA karena rendahnya perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran, dan metode pembelajaran yang digunakan dalam menyampaikan materi bersifat monoton mengakibatkan siswa kurang termotivasi untuk belajar. Penelitian di SD Negeri 064025 Flamboyan Raya Medan Kec. Medan Tuntungan. Dilakukan untuk mengetahui pelaksanaan penggunaan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA materi gaya dan gerak terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 064025 Flamboyan Raya Medan Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitan ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen dan pretest and posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah 57 siswa yang terdiri dari kelas IV-A 29 siswa dan IV-C 28 siswa. Test yang digunakan dalam penelitian ini yaitu test berbentuk uraian. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas data, uji homogenitas varians, dan uji independen antara dua faktor. Dari analisis data diperoleh hasil rata-rata test awal hasil belajar siswa untuk kelas IV-A 71,10, setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi dan diberikan test akhir maka hasil rata-rata siswa kelas IV-A menjadi 89,86. Dan hasil rata-rata test awal hasil belajar siswa untuk kelas IV-C 75,98, setelah dilakukan pembelajaran tanpa menggunakan metode demonstrasi kemudian diberikan test akhir maka hasil rata-rata belajar siswa menjadi 77,98. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA materi gaya dan gerak terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 064025 Flamboyan Raya Medan Tahun Ajaran 2021/2022. Kata kunci: Hasil Belajar, Metode Demonstrasi, Pelajaran IPA

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Demonstration Method, Science Lessons
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IFRIKSON JONY PURBA, S.Si,.M.Pdpurbafrikson@gmail.comNIDN. 0104048701
Pembimbing IIDr. SRIE FAIZAH LISNA SARI, M.Sifaizahsrie2502@gmail.comNIP. 196702251998012001
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Siti Armi br ginting
Date Deposited: 03 Aug 2022 07:10
Last Modified: 03 Aug 2022 07:10
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1551

Actions (login required)

View Item View Item