ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MEMAHAMI KONSEP GAYA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 060972 SIMALINGKAR B TAHUN AJARAN 2021/2022

TARIGAN, YUNIKA SELPINA, 1805030116 (2022) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MEMAHAMI KONSEP GAYA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 060972 SIMALINGKAR B TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
1 COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
2 ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (189kB)
[img] Text
3 BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (145kB)
[img] Text
4 BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (176kB)
[img] Text
5 BAB III - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (901kB)
[img] Text
6 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12kB)
[img] Text
7 LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran hasil belajar siswa, kesulitan belajar siswa dan faktor kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan masalah pada materi Konsep Gaya Pada Mata Pelajaran IPA. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 060972 Simalingkar B Tahun Ajaran 2021/2022. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD 060972 Simalingkar B yang berjumlah 22 orang siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Tes, dan Wawancara. Teknik analisis data Deskriptif. Dari analisis data menunjukkan (1) Gambaran Hasil Belajar Siswa pada materi Konsep Gaya dapat diproleh dari hasil tes yang diberikan kepada siswa dan diproleh nilai rata-rata 63,13. (2) Kesulitan Belajar Siswa dalam materi Konsep Gaya Pada Mata Pelajaran IPA Dimana siswa sulit pada soal manfaat gaya magnet. (3) Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa dalam materi Konsep gaya siswa kurang memahami materi Konsep Gaya dan Siswa juga sulit untuk mengingat materi yang sudah diajarkan oleh guru dikelas.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: analysis, learning science
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IFrikson Jony Purba, S.Si., M.Pdpurbafrikson@gmail.comNIDN. 0104048701
Pembimbing IIHotma Tiolina Siregar, S.Pd., M.Pdtiolinahotma@gmail.comNIDN. 0112078003
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Yunika Selpina Tarigan
Date Deposited: 03 Aug 2022 07:20
Last Modified: 03 Aug 2022 07:20
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1555

Actions (login required)

View Item View Item