PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 064025 JL.FLAMBOYAN RAYA MEDAN TAHUN AJARAN 2021/2022

SEMBIRING , ROSALINDA BR, 1805030111 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 064025 JL.FLAMBOYAN RAYA MEDAN TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
1 COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (425kB)
[img] Text
2 ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (278kB)
[img] Text
3 BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (136kB)
[img] Text
4 BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (303kB)
[img] Text
5 BAB III, IV dan V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (467kB)
[img] Text
6 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (190kB)
[img] Text
7 LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah unutk Hasil belajar siswa yang rendah disebabkan karena siswa bersifat pasif dalam proses pembelajaran, guru masih menggunakan pembelajaran konvensional tanpa variasi sehingga timbul kebosanan pada diri siswa,siswa tidak bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran, belum maksimalnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA karena rendahnya perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran, dan metode pembelajaran yang digunakan dalam penyampaian materi bersifat monoton mengakibatkan siswa kurang termotivasi untuk belajar. Penelitian di SD Negeri 064025 Jl. Flamboyan Raya Medan dilakukan untuk mengetahui pelaksanaan penggunaan model pembelajaran Example Non Example pada mata pelajaran IPA materi perubahan suhu dan wujud benda terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 064025 Jl.Flamboyan Raya Medan Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen dan pretest and posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah 56 siswa yang terdiri dari kelas V-C 28 siswa dan V-D 28 siswa. Test yang digunakan dalam penelitian ini yaitu test berbentuk uraian. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas data, uji homogenitas varians, dan uji independen antara dua faktor. Dari analis data diperoleh hasil rata-rata test awal hasil belajar siswa untuk kelas V-C 67, setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan Model pembelajaran Example Non Example dan diberikan test akhir maka hasil rata-rata hasil belajar siswa kelas VC menjadi 84. Dan hasil rata-rata test awal hasil belajar siswa untuk kelas V-D 63, setelah dilakukan pembelajaran tanpa menggunakan model pembelajaran Example Non Example kemudian diberikan test akhir maka hasil rata-rata hasil belajar siswa menjadi 79. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Example Non Example pada mata pelajaran IPA materi perubahan suhu dan wujud benda terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 064025 Jl. Flamboyan Raya Medan Tahun Ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Model Example Non Example, Science Lessons
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IHasni suciawati, S.Pd.,M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0104048903
Pembimbing IIHotma tiolina siregar S.Pd., M.Pd, S.Pd., M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0112078003
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Rosalinda
Date Deposited: 03 Aug 2022 07:04
Last Modified: 03 Aug 2022 07:04
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1558

Actions (login required)

View Item View Item