ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBICARA “SUATU TINJAUAN PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBICARA DENGAN KESESUAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN BERBICARA” DI SD NEGERI 101804 GEDUNG JOHOR TAHUN AJARAN 2021/2022

SITEPU, MAYA MURNIATI BR, 1805030021 (2022) ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBICARA “SUATU TINJAUAN PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBICARA DENGAN KESESUAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN BERBICARA” DI SD NEGERI 101804 GEDUNG JOHOR TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER MAYAAAA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK MAYA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (169kB)
[img] Text
BAB I MAYA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (135kB)
[img] Text
BAB II MAYAAAA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (177kB)
[img] Text
BAB II-V MAYAA.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (800kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA MAYAA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (87kB)
[img] Text
LAMPIRAN MAYAAA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kesesuaian metode pembelajaran berbicara yang dilakukan guru di SD Negeri 101804, mengetahui ketidak sesuaian metode pembelajaran berbicara yang dilakukan guru di SD Negeri 101804 dan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan pelaksanaan pembelajaran berbicara di kelas IV SD Negeri 101804 Gedung Johor. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Negeri 101804 Gedung Johor Tahun Ajaran 2021/2022, adapun yang menjadi populasi adalah seluruh guru di SD Negeri Negeri 101804 Gedung Johor dengan jumlah sampel sebanyak 12 guru. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus persentase wawancara dan observasi. Hasil yang diperoleh adalah bahwa berdasarkan hasil wawancara kepada 12 orang guru adapun gambaran kesesuaian metode pembelajaran yang dilaksanankan oleh guru dikategorikan “kurang” dengan persentase 27,38%, hal tersebut sesuai dengan hasil observasi bahwa pada kegiatan pembelajaran dalam menilai metode mengajar, persentase yang diperoleh adalah 58.33% yang dikategorikan dengan kategori Cukup. Sedangkan pada hasil observasi, secara keseluruhan kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru sudah “Baik” yakni dengan persentase 80.67%. Kemudian ketidak sesuaian penggunaan metode pembelajaran yang dilakukan guru di SD Negeri 101804 Gedung Johor yakni dilihat dari hasil persentase penggunaan metode yang paling rendah dengan kategori “Kurang”. Adapun keempat metode tersebut adalah 1) metode bermain peran, 2) metode permainan simulasi, 3) metode bermain drama dan 4) metode laporan lisan dengan persentse 16.67%. Adapun Faktor - faktor penyebab kesulitan pelaksanaan pembelajaran berbicara di SD Negeri 101804 Gedung Johor adalah kurangnya waktu untuk menerapkan metode, situasi kelas yang kurang kondusif dan kemampuan siswa yang masih minim.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementation of Speaking Learning, Learning Methods, Speaking Skills
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
400 Language > 490 Another Language
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDRS. PANDAPOTAN TAMBUNAN, M.PdDosen@gmail.comNIP. 196602101992031001
Pembimbing IIRITA HERLINA BR PA, S.Pd., M.PdDosen@gmail.comNIDN. 0129078503
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Maya Murni BR SITEPU
Date Deposited: 03 Aug 2022 09:02
Last Modified: 03 Aug 2022 09:02
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1568

Actions (login required)

View Item View Item