PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SD KELAS V UPT SPF SD NEGERI 101816 PANCUR BATU TAHUN AJARAN 2021/ 2022

PINEM, RENNY BR, 1805030031 (2022) PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SD KELAS V UPT SPF SD NEGERI 101816 PANCUR BATU TAHUN AJARAN 2021/ 2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
1. Cover-Daftar Isi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (457kB)
[img] Text
3. Bab I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (730kB)
[img] Text
4. Bab II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (563kB)
[img] Text
5. Bab III-Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (840kB)
[img] Text
6. Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (469kB)
[img] Text
7. Lampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen terhadap hasil belajar IPA pada materi zat tunggal dan zat campuran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 101816 Pancur Batu yang berjumlah 60 orang siswa yang terbagi menjadi dua kelas. Dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anggota populasi atau sampel total yang berjumlah 60 orang siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan menggunakan metode eksperimen dengan alat pengumpulan data yaitu test berupa essay yang dibatasi dengan ranah kognitif C1, C2, dan C3. Dari hasil penelitian yang dilakukan pada pelaksanaan Pre Test yaitu seluruh nilai siswa di bawah rata-rata. Sedangkan pelaksanaan Post Test menggunakan metode eksperimen memperoleh nilai rata-rata 79,06 dan Post Test dalam menggunakan metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) memperoleh nilai rata-rata 66,65. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pada pelaksanaan pembelajaran IPA materi zat tunggal dan zat campuran di Kelas V SD Negeri 101816 Pancur Batu Tahun Ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Experimental Method, Learning Outcomes, Science
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRINCI SIMBOLON, M.PdDosen@gmail.comNIDN. 0121118703
Pembimbing IIHOTMA TIOLINA SIREGAR, M.PdDosen@gmail.comNIDN. 0112078003
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Renny Br Pinem
Date Deposited: 03 Aug 2022 09:38
Last Modified: 03 Aug 2022 09:38
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1570

Actions (login required)

View Item View Item