PINEM, RENNY BR, 1805030031 (2022) PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SD KELAS V UPT SPF SD NEGERI 101816 PANCUR BATU TAHUN AJARAN 2021/ 2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
1. Cover-Daftar Isi.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (457kB) |
|
Text
3. Bab I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (730kB) |
|
Text
4. Bab II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (563kB) |
|
Text
5. Bab III-Bab V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (840kB) |
|
Text
6. Daftar Pustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (469kB) |
|
Text
7. Lampiran.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (7MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen terhadap hasil belajar IPA pada materi zat tunggal dan zat campuran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 101816 Pancur Batu yang berjumlah 60 orang siswa yang terbagi menjadi dua kelas. Dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anggota populasi atau sampel total yang berjumlah 60 orang siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan menggunakan metode eksperimen dengan alat pengumpulan data yaitu test berupa essay yang dibatasi dengan ranah kognitif C1, C2, dan C3. Dari hasil penelitian yang dilakukan pada pelaksanaan Pre Test yaitu seluruh nilai siswa di bawah rata-rata. Sedangkan pelaksanaan Post Test menggunakan metode eksperimen memperoleh nilai rata-rata 79,06 dan Post Test dalam menggunakan metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) memperoleh nilai rata-rata 66,65. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pada pelaksanaan pembelajaran IPA materi zat tunggal dan zat campuran di Kelas V SD Negeri 101816 Pancur Batu Tahun Ajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Experimental Method, Learning Outcomes, Science | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Renny Br Pinem | ||||||||||||
Date Deposited: | 03 Aug 2022 09:38 | ||||||||||||
Last Modified: | 03 Aug 2022 09:38 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1570 |
Actions (login required)
View Item |