PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT)TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA MATERI SUMBER ENERGI DI KELAS IV SD NEGERI 163080 TEBING TINGGI TAHUN AJARAN 2021/2022

RUTCAHYATI, CICI, 1805030110 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT)TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA MATERI SUMBER ENERGI DI KELAS IV SD NEGERI 163080 TEBING TINGGI TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
1 COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
2 ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (414kB)
[img] Text
3 BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (278kB)
[img] Text
4 BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (267kB)
[img] Text
5 BAB III - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (666kB)
[img] Text
6 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (202kB)
[img] Text
7 LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan Model Numbered Head Together di kelas IV SD Negeri 163080 Tebing Tinggi Tahun Pelajaran 2021/2022. Ada pun masalah dari sekolah tersebut yaitu rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA materi sumber energi. Populasi siswa kelas IV sebanyak 2 kelas dengan jumlah siswa kelas eksperimen 30 orang dan kelas kontrol 25 orang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dan instrument penelitian ini adalah tes essay sebanyak 5 soal. Berdasarkan perhitungna rata-rata tes akhir siswa diperoleh rata-rata hasil belajar di kelas eksperimen 78,10 dan rata-rata hasil belajar di kelas kontrol 63,92. Tabel frekuensi nilai tes akhir kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat distribusikan dalam tabel frekuensi relative kemudian digambarkan ke dalam bentuk histogram untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah dilaksanakan pembelajaran dengan Model Numbered Head Together di kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional. Pengujian hipotesis menggunakan uji independen antara dua faktor dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh x^2= 6,74 > x^2(0.95)(2) = 5,99. Dari hasil pengujian hipotesis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together terhadap hasil belajar siswa pada materi sumber energi di kelas IV SD Negeri 163080 Tebing Tinggi Tahun Pelajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Students Learning Results, Numbered Head Together Model, Saints Learning.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Dedi Holden Simbolon, S.Si.,M.Pddedisimbolon.uq@gmail.comNIDN 01030118701
Pembimbing IIR.L.Holmes Parhusip, S.Pd.,M.Pdholmesphsp720@gmail.comNIDN 0128098002
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: CICI RUTCAHYATI
Date Deposited: 04 Aug 2022 04:02
Last Modified: 04 Aug 2022 04:02
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1577

Actions (login required)

View Item View Item