ANALISIS MUATAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA BUKU SISWA KELAS IV SDS KATOLIK ST. IGNATIUS TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN TAHUN AJARAN2021/2022

HUTAHAEAN, BUNGA, 1805030037 (2022) ANALISIS MUATAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA BUKU SISWA KELAS IV SDS KATOLIK ST. IGNATIUS TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN TAHUN AJARAN2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK BUNGA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (114kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (107kB)
[img] Text
BAB II BUNGA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (198kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (180kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (41kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Muatan Nilai-nilai Karakter yang terkandung pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema Indahnya Kebersamaan pada Sub Tema III Bersyukur Atas Keberagamannya. Penelitian ini telah dilaksanakan di SDS Katolik St. Ignatius Jl. Binjai Km 8,5 psr V Gg. Makmur Tahun Ajaran 2021/2022. Waktu pelaksanaan penelitian dilaksanakan Pada tanggal 26 s/d 27 April 2022. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yakni dengan metode deskriptif. Penelitian deskriptif adalah penelitian yang akan mengganalisis data dengan menggambarkan atau mendeskripsikan tentang muatan nilai-nilai karakter, tanpa mengubah, menambahi muatan nilai-nilai karakter yang tidak sesuai terhadap bahan ajar yang diteliti. Pedoman pelaksanaan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif, yang berkaitan dengan Analisis Muatan Nilai-nilai Karakter Pada Buku Siswa Kelas IV Sds Katoloik St.Ignatius Tema Indahnya Kebersamaan Tahun Ajaran 2021/2022. Berkaitan dengan hal itu, telah dikumpulkan beberapa informasi dan keterangan berbentuk pertanyaan dalam mengungkapkan masalah dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara/dokumentasi. Hasil dari jumlah karakter dan presentase nilai karakter yang muncul pada Tema I Indahnya Kebersamaan pada Sub Tema III Bersyukur atas Keberagamannya yaitu nilai religius 4 (1,6%), nilai jujur 0 (0%), nilai toleransi 51 (19,9%) , nilai disiplin 51 (19,9%), nilai bekerja keras 51 (19,9%), nilai kreatif 1 (0,3%), nilai mandiri 16 (6,3%), nilai demokratis 2 (0,8%), nilai rasa ingin tahu 5 (2%), nilai semangat kebangsaan 2 (0,8%), nilai cinta tanah air 5 (2%), nilai menghargai prestasi 3 (1,2%), nilai komunikatif 3 (1,2%), nilai cinta damai 3 (1,2%), nilai gemar membaca 7 (2,7%), nilai peduli lingkungan 0 (0%), nilai peduli sosial 1 (0,3%), nilai tangung jawab 51 (19,9%).

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Textbooks, character education, character values, 2013 curriculum
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Srie Faizah Lisnasari, M.Sidosen@gmail.comNIP. 1967022519980120001
Pembimbing IIDrs. Yason Mendrofa, M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0102075901
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: BUNGA HUTAHAEAN
Date Deposited: 05 Aug 2022 04:45
Last Modified: 05 Aug 2022 04:45
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1585

Actions (login required)

View Item View Item