TRIA, DINDA AYU, 1805030025 (2022) ANALISIS KESULITAN BELAJAR IPA PADA MATERI KERANGKA TUBUH MANUSIA KELAS V SD NEGERI 106148 BULUCINA TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
COVER SAMPAI DAFTAR LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (5MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
|
Text
BB III - BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran hasil belajar siswa, mengetahui kesulitan belajar siswa, dan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi kerangka tubuh manusia kelas V SD yang dilaksanakan pada tanggal 19-20 april 2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Dimana tes ada 10 soal. Tes ini bertujuan untuk bagaimana kemampuan gambaran hasil belajar siswa dan kesulitan yang dialami siswa dalam pembelajaran IPA pada materi Kerangka Tubuh Manusia. Sedangkan wawancara yang berjumlah 7 butir pertanyaan yang bertujuan untuk mengetahui faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa. Berdasarkan analisis yang dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa gambaran hasil belajar siswa pada materi kerangka tubuh manusia di kelas V SD Negeri 106148 Bulucina Tahun Ajaran 2021/2022 dengan rata - rata hasil tes 51,68 dengan kriteria kurang mampu, Kesulitan yang dialami siswa pada mata pelajaran IPA pada materi kerangka tubuh manusia kelas V SD Negeri 106148 Bulucina Tahun Ajaran 2021/2022 adalah siswa yang sulit menjelaskan apa itu macam kerangka tubuh manusia, siswa sulit menuliskan kembali apa pengertian dari tulang frontal atau tulang dahi, dan siswa sulit menjelaskan pengertian dari tulang okspital atau tulang kepala belakang, siswa siswa sulit menjelaskan pengertian bagian - bagian pada dada, kemudian siswa sulit menjelaskan pengertian bagian - bagian pada tulang rusuk. Hal ini terjadi dikarenakan 1). Kurangnya minat dan motivasi siswa dalam belajar IPA, 2). Tidak ada kemauan siswa dalam bertanya kepada guru, 3). Guru kurang jelas menyampaikan materi tentang kerangka tubuh, 4). Guru tidak menggunkan media pembelajaran saat belajar kepada siswa, 5). Kurangnya peran orang tua terhadap belajar anak.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Difficulty Analysis and learning outcomes | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Dinda Ayu Tria | ||||||||||||
Date Deposited: | 05 Aug 2022 04:20 | ||||||||||||
Last Modified: | 05 Aug 2022 04:20 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1586 |
Actions (login required)
View Item |