SIMANJUNTAK, SEFTY HANA CLARISA, 1805030121 (2022) ANALISIS KESULITAN BELAJAR IPA KELAS IV SD NEGERI 163080 TEBING TINGGI PADA MATERI BUNYI TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
1 COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
2 ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (187kB) |
|
Text
3 BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (245kB) |
|
Text
4 BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (203kB) |
|
Text
5 BAB III, IV, V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (554kB) |
|
Text
6 DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (50kB) |
|
Text
7 LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kemampuan siswa dalam belajar materi Bunyi pada mata pelajaran IPA dan apa kesulitan belajar siswa materi Bunyi pada mata pelajaran IPA serta faktor penyebab kesulitan belajar siswa materi Bunyi pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV. Masalah dalam penelitian ini adalah kesulitan belajar sehingga hasil belajar siswa belum maksimal. Dan bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan, apa saja kesulitan siswa dan faktor penyebab kesulitan siswa saat mempelajari IPA materi Bunyi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 163080 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2021/2022. Populasi penelitian seluruh siswa kelas IV SD yang berjumlah 31 orang dan sekaligus menjadi sempel penelitian. Jenis penelitian yang digunakan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Dari hasil penelitian analisis data diperoleh (1)gambaran kemampuan siswa pada materi Bunyi dengan rata-rata 34,84 termasuk dalam kriteria kurang mampu (2)kesulitan siswa dalam materi bunyi adalah menjelaskan soal tentang sifat-sifat bunyi(3) Faktor penyebab kesulitan belajar siswa adalah disaat pelajaran berlangsung guru tidak memberi contoh tentang materi sehingga siswa tidak tertarik untuk memahami ataupun menhafal materi tersebut.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analysis, Learning Difficulties, Sound | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology 300 Sosial Science > 370 Education |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | SEFTY HANA CLARISA SIMANJUNTAK | ||||||||||||
Date Deposited: | 05 Aug 2022 08:01 | ||||||||||||
Last Modified: | 05 Aug 2022 08:01 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1591 |
Actions (login required)
View Item |