GINTING, EMELDA BR, 1805030174 (2022) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V UPT SPF SD NEGERI 101816 PANCUR BATU T.A 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
COVER EMELDA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK EMELDA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (193kB) |
|
Text
BAB I EMELDA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (439kB) |
|
Text
BAB II EMELDA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (443kB) |
|
Text
BAB III-V EMELDA.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA EMELDA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (15kB) |
|
Text
LAMPIRAN EMELDA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (0B) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui hasil belajar IPA materi Hubungan antar makhluk hidup dalam ekosistem menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya di kelas V UPT SPF SD Negeri 101816 Pancur Batu Tahun Ajaran 2021/2022. (2) Untuk mengetahui hasil belajar IPA materi Hubungan antar makhluk hidup dalam ekosistem menggunakan metode pembelajaran konvesional di Kelas V UPT SPF SD Negeri 101816 Pancur Batu Tahun Ajaran 2021/2022. (3) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan metode pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar IPA Kelas V UPT SPF SD Negeri 101816 Pancur Batu Tahun Ajaran 2021/2022.Penelitian ini telah dilaksanakan di SD Negeri 101816 Pancur Batu. Populasi seluruh siswa di kelas V SD Negeri 101816 Pancur Batu. Sampel penelitian adalah siswa di kelas V UPT SPF SD Negeri 101816 Pancur Batu yang berjumlah 60 siswa, dimana kelas VA 30 orang dan VB 30 orang. Teknik Pengumpulan Data yang digunakan adalah Tes untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dan Dokumentasi berupa foto kegiatan pembelajaran. Bedasarkan Hasil Penelitian yang dilakukan penelitian bahawa. (1) Berdasarkan hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran Tutor sebayapada mata pelajaran IPA materi hubungan antara makhluk hidup dalam ekosistem di Kelas VA UPT SPF SD Negeri 101816 Pancur Batu adalah 77,70. (2) Berdasarka hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPA materi hubungan antara mahluk hidup dalam ekosistem di Kelas VB UPT SPF SD Negeri 101816 Pancur Batu adalah 65,47. (3) Bedasarkan uji hipotesis diproleh nilai =13,460 sedangkan (=9,49 maka nilai > terima atau ada pengaruh signifikan dengan menggunakan metode pembelajaran Tutor Sebaya pada materi hubungan antara makhluk hidup dalam ekosistem kelas V UPT SPF SD Negeri 10186 Pancur Batu Tahun Ajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Influence, Peer Tutor Learning Methods, Learning Outcomes | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | EMELDA BR GINTING | ||||||||||||
Date Deposited: | 26 Aug 2022 07:35 | ||||||||||||
Last Modified: | 26 Aug 2022 07:35 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1593 |
Actions (login required)
View Item |