ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV UPT SDN 068003 KEC. MEDAN TUNTUNGAN TAHUN AJARAN 2021/2022

TAMPUBOLON, JASMINE, 1805030186 (2022) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV UPT SDN 068003 KEC. MEDAN TUNTUNGAN TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (795kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (295kB)
[img] Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (405kB)
[img] Text
BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (365kB)
[img] Text
BAB 3-5 Jasmine.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (800kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (193kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis gambaran kemampuan siswa dalam pembelajaran, lalu mengetahui kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran IPA, dan mengetahui faktor penyebab kesulitan siswa dalam pembelajaran IPA, penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 16-17 Juni 2022 di kelas IV SDNegeri 068003 Kec.Medan Tuntungan pada Tahun 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan Penggunaan metode deskripsi kualitatif. Populasi dan sampel penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SD Negeri 068003 Kec. Medan Tuntungan berjumlah 25 orang. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dapat diketahui bahwa kemampuan siswa dalam menjawab soal Tes di kelas IV SD Negeri 068003 Medan Tuntungan berkategori kurang mampu, karena rata-rata dari siswa adalah 42,84 dan dikriteria gambaran kemampuan siswa ≤70 berkategori kurang mampu. Berdasarkan dari hasil Tes pesentase kesalahan siswa dalam mengerjakan soal pada pembelajaran IPA dikelas IV dapat diketahui bahwa yang paling sulit ditentukan oleh siswa yaitu sifat-sifat cahaya dan tingkat persentase sebesar 88%. Penyebab siswa berkesulitan dalam memahami materi sifat-sifat cahaya karena kurang memahami dan kurangnya minat belajar.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Student Learning Difficulties , Learning Natural Science
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IR.L HOLMES PARHUSIP, S.Pd., M.Pdholmesphsp720@gmail.comNIDN. 0128098002
Pembimbing IIFRIKSON JONY PURBA, S.Si.,M.Pdpurbafrikson@gmail.comNIDN. 0104048701
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: JASMINE EL DESTRINA TAMPUBOLON
Date Deposited: 08 Aug 2022 05:03
Last Modified: 08 Aug 2022 05:03
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1597

Actions (login required)

View Item View Item