ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI SIKLUS AIR TANAH PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI UPT SD NEGERI 068003 MEDAN TUNTUNGAN TAHUN AJARAN 2021/2022

SITEPU, DESY RATNA, BR, 1805030072 (2022) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI SIKLUS AIR TANAH PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI UPT SD NEGERI 068003 MEDAN TUNTUNGAN TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
1. Cover-Daftar Isi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (243kB)
[img] Text
3. Bab I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (371kB)
[img] Text
4. Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (638kB)
[img] Text
5. Bab III-Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (593kB)
[img] Text
6. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (339kB)
[img] Text
7. Lampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk kesulitan yang dialami siswa dalam menjelaskan materi siklus tanah air di kelas V UPT SD Negeri 068003 Medan Tuntungan. Gambaran kemampuan dalam memahami materi siklus tanah air mata pelajaran IPA berdasarkan perhitungan nilai rata-rata siswa kelas V UPT SD Negeri 068003 Medan Tuntungan diperoleh nilai 68,40 dan termaksud dalam kategori kurang mampu, sehingga berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa gambaran kemampuan siswa kelas V UPT SD Negeri 068003 Medan Tuntungan dalam memahami materi siklus tanah air mata pelajaran IPA berkategori kurang mampu. Kesulitan yang dialami siswa dalam memahami siklus air pada pembelajaran IPA di kelas V UPT SD Negeri 068003 Medan Tuntungan pada soal tes nomor 4 dimana siswa tidak dapat menjelaskan sumber pencemaran air tanah dan siswa tidak dapat mengerjakan soal tes nomor 5 dimana siswa tidak bisa menjelaskan apa yang dimaksud dengan reboisasi. Sedangkan faktor penyebab kesulitan siswa kelas V UPT SD Negeri 068003 Medan Tuntungan dalam memahami materi siklus air tanah, dikarenakan pembelajaran yang dilakukan guru belum maksimal sehingga membuat siswa merasa tidak tertarik atau bosan dalam pelajaran IPA pada materi siklus air tanah, siswa tidak memahami apa yang dimaksudkan dengan siklus air tanah, siswa mengantuk saat belajar, siswa tidak suka pelajaran IPA, siswa juga tidak mengulang pembelajaran IPA yang telah dipelajari di sekolah saat berada di rumah.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Student Difficulty, Groundwater Cycle, Science Learning
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. GEMALA WIDIYARTI, S.SoS.i, M.Pdwidiyartigemala@gmail.comNIDN.0123098602
Pembimbing IIRITA HERLINA BR PA, S.Pd, M.Pdritaherlina616@gmail.comNIDN. 0129078503
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: DESY RATNA SARI BR SITEPU
Date Deposited: 08 Aug 2022 05:06
Last Modified: 08 Aug 2022 05:06
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1598

Actions (login required)

View Item View Item