HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD SWASTA DHARMA WANITA MEDAN TAHUN AJARAN 2021/2022

NAINGGOLAN, RATNA ASIMA BR NAINGGOLAN, 1805030089 (2022) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD SWASTA DHARMA WANITA MEDAN TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
1 COVER SIRATNA ASIMA BR NAINGGOLAN_1805030089.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (938kB)
[img] Text
2 ABSTRAK SIRATNA ASIMA BR NAINGGOLAN_1805030089.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (187kB)
[img] Text
3 BAB I SIRATNA ASIMA BR NAINGGOLAN_1805030089.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (229kB)
[img] Text
4 BAB II ASIMA BR NAINGGOLAN_1805030089.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (296kB)
[img] Text
5 BAB III - V SIRATNA ASIMA BR NAINGGOLAN_1805030089.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (638kB)
[img] Text
6 DAFTAR PUSTAKA SIRATNA ASIMA BR NAINGGOLAN_1805030089.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (172kB)
[img] Text
7 LAMPIRAN SIRATNA ASIMA BR NAINGGOLAN_1805030089.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Motivasi belajar siswa berdampak pada hasil belajar siswa. Motivasi belajar memegang peranan penting dalam belajar, dengan motivasi ini lah siswa menjadi tekun dalam proses belajar dan dengan motivasi itu pula kualitas hasil belajar siswa dapat diwujudkan dengan baik. Tingginya motivasi dalam belajar berhubungan dengan tingginya hasil belajar. Siswa yang bermotivasi tinggi dalam belajar memungkinkan akan memperoleh hasil belajar yang tinggi pula, artinya semakin tinggi motivasinya,semakin intensitas usaha dan upaya yang dilakukan, maka semakin tinggi hasil belajar yang diperolehnya. Di samping itu motivasi juga menopang upaya- upaya dan menjaga agar proses belajar siswa tetap jalan. Hal ini menjadikan siswa gigih dalam belajar. Penelitian ini bertujuan (1)Untuk mengetahui bagaimana gambaran motivasi belajar IPS siswa semester ganjil di kelas V SD Swasta Dharma Wanita Medan Tahun Ajaran 2021/2022, (2)Untuk mengetahui bagaimana gambaran hasil belajar IPS siswa semester ganjil di kelas V SD Swasta Dharma Wanita Medan Tahun Ajaran 2021/2022, (3)Untuk mengetahui adakah hubungan yang signifikan antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar IPS siswa semester ganjil di kelas V SD Swasta Dharma Wanita Medan Tahun Ajaran 2021/2022. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Swasta Dharma Wanita dengan jumlah sampel 30 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu angket motivasi belajar dan dokumentasi hasil ujian semester ganjil IPS Tahun Ajaran 2021/2022. Uji hipotesis menggunakan uji t yang terlebih dahulu dilakukan uji normalitas data, uji regresi, uji linearitas dan uji koefisien korelasi. Dari hasil analisis data diperoleh motivasi belajar IPS dengan rata-rata 79,5 hasil belajar IPS 83,23 dan berdasarkan uji hipotesis diperoleh hasil belajar IPS thitung adalah 4,78 sedangkan ttabel  dengan signifikan 0,05 adalah 2,05 maka thitung > ttabel.  Menunjukan hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS. Artinya semakin tinggi motivasi belajar pada diri siswa akan semakin tinggi hasil belajar siswa.kelas V SD Swasta Dharma Wanita Medan Tahun Ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning motivation, social studies learning outcomes
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Sejahtra, M.Pddosen@gmail.comNIP. 196609171993031002
Pembimbing IIDrs. Pandapotan Tambunan, M.Pddosen@gmail.comNIP. 196602101992031001
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: RATNA ASIM BR NAINGGOLAN
Date Deposited: 11 Aug 2022 08:42
Last Modified: 11 Aug 2022 08:42
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1607

Actions (login required)

View Item View Item