MARBUN, HERNAWATI, 1805030169 (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN PAKKAT KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
COVER herna.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK herna.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (102kB) |
|
Text
BAB I herna.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (117kB) |
|
Text
BAB II herna.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (319kB) |
|
Text
BAB III - V herna.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (987kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA herna.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (99kB) |
|
Text
LAMPIRAN herna.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah instrumen penilaian keterampilan berbicara. Penelitian pengembangan ini bertujuan (1) Untuk mengetahui bagaimana tingkat kevalidan pengembangan instrument penilaian keterampilan berbicara, (2) Untuk mengetahui bagaimana tingkat reliabilitas pengembangan instrument penilaian keterampilan berbicara, (3) Untuk mengetahui bagaimana tingkat keefektifan pengembangan instrumen penilaian keterampilan berbicara. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Hasil ujicoba instrumen penilaian keterampilan berbicara diukur tingkat validitasnya dari ahli bahasa dan ahli penilaian dengan rata-rata 94,86% dengan kriteria sangat valid. Selanjutnya diukur tingkat uji reliabilitas yang menunjukkan tingkat reliabilitias di SD Negeri 174543 Manalu Toruan dengan nilai 0,77 yang memiliki kriteria tinggi, SD Negeri 173479 Napaparira dengan nilai 0,78 yang memiliki kriteria tinggi, dan di SD Negeri 173476 Hutapinang dengan nilai 0,79 yang memiliki kriteria tinggi. Sedangkan tingkat keefektifan instrumen penilaian keterampilan berbicara yang diperoleh melalui angket respon guru kelas V dengan skor rata-rata persentase sebesar 86,11% dengan kategori sangat efektif. Dengan demikian, Instrumen penilaian keterampilan berbicara siswa kelas V sekolah dasar di Kecamatan Pakkat Kabupaten Humbang Hasundutan yang dikembangkan sudah valid, reliabel, dan efektif.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Development, Assessment instrument, Speaking skills | ||||||||||||
Subjects: | 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School 400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | HERNAWATI MARBUN | ||||||||||||
Date Deposited: | 12 Aug 2022 08:39 | ||||||||||||
Last Modified: | 12 Aug 2022 08:39 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1608 |
Actions (login required)
View Item |