PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN PAKKAT KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN TAHUN AJARAN 2021/2022

MARBUN, HERNAWATI, 1805030169 (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN PAKKAT KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER herna.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK herna.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (102kB)
[img] Text
BAB I herna.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (117kB)
[img] Text
BAB II herna.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (319kB)
[img] Text
BAB III - V herna.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (987kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA herna.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (99kB)
[img] Text
LAMPIRAN herna.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah instrumen penilaian keterampilan berbicara. Penelitian pengembangan ini bertujuan (1) Untuk mengetahui bagaimana tingkat kevalidan pengembangan instrument penilaian keterampilan berbicara, (2) Untuk mengetahui bagaimana tingkat reliabilitas pengembangan instrument penilaian keterampilan berbicara, (3) Untuk mengetahui bagaimana tingkat keefektifan pengembangan instrumen penilaian keterampilan berbicara. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Hasil ujicoba instrumen penilaian keterampilan berbicara diukur tingkat validitasnya dari ahli bahasa dan ahli penilaian dengan rata-rata 94,86% dengan kriteria sangat valid. Selanjutnya diukur tingkat uji reliabilitas yang menunjukkan tingkat reliabilitias di SD Negeri 174543 Manalu Toruan dengan nilai 0,77 yang memiliki kriteria tinggi, SD Negeri 173479 Napaparira dengan nilai 0,78 yang memiliki kriteria tinggi, dan di SD Negeri 173476 Hutapinang dengan nilai 0,79 yang memiliki kriteria tinggi. Sedangkan tingkat keefektifan instrumen penilaian keterampilan berbicara yang diperoleh melalui angket respon guru kelas V dengan skor rata-rata persentase sebesar 86,11% dengan kategori sangat efektif. Dengan demikian, Instrumen penilaian keterampilan berbicara siswa kelas V sekolah dasar di Kecamatan Pakkat Kabupaten Humbang Hasundutan yang dikembangkan sudah valid, reliabel, dan efektif.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Development, Assessment instrument, Speaking skills
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs.Pandapotan Tambunan, M.Pddosen@gmail.comNIP. 196602101992031001
Pembimbing IIRinci Simbolon, S.Pd.,M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0121118703
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: HERNAWATI MARBUN
Date Deposited: 12 Aug 2022 08:39
Last Modified: 12 Aug 2022 08:39
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1608

Actions (login required)

View Item View Item