ANALISIS KESULITAN MENYELESAIKAN MASALAH DALAM BENTUK PERSEN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 101797 DELI TUA TAHUN AJARAN 2021/2022.

TARIGAN, RANA MUTIARA, 1805030139 (2022) ANALISIS KESULITAN MENYELESAIKAN MASALAH DALAM BENTUK PERSEN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 101797 DELI TUA TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
1 COVER-1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
2 ABSTRAK-1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (354kB)
[img] Text
3 BAB I-1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (347kB)
[img] Text
4 BAB II-1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (556kB)
[img] Text
5 BAB III, IV, V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
6 DAFTAR PUSTAKA-1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (227kB)
[img] Text
7 LAMPIRAN-1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil kemampuan siswa, kesulitan belajar, dan faktor penyebab kesulitan belajar matematika materi mengubah pecahan dalam bentuk persen. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif.Sebagai populasi adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 101797 Deli Tua yang berjumlah 59 orang siswa dan sekaligus sebagai sampel dalam penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes dan wawancara. Teknik analisis data adalah rata-rata dan persentase. Berdasarkan analisis data diperoleh (1) hasil belajar siswa menyelesaikan masalah dalam bentuk pecahan persen kelas IV SD Negeri 047166 Deli Tua diperoleh rata-rata hasil tes 44.39 termasuk pada kriteria sedang, (2) kesulitan yang dialami siswa, yaitu kesulitan menjawab soal matematika dalam meyelesaikan masalah pecahan dalam bentuk persen yaitu, mengubah penyebut menjadi perseratus, menyederhanakan penyebut menjadi perseratus, mengubah pecahan persen ke pecahan desimal, mengubah pecahan campuran ke pecahan persen, dan mengubah pecahan persen kepecahan campuran (3) faktor penyebab kesulitan siswa belajar matematika dalam menyelesaikan masalah dalam bentuk persen adalah siswa kurang berlatih, jarang mengulanginya di rumah dan siswa tidak menghafal perkalian sehingga tidak mengerti bagaimana cara mengubah pecahan ke dalam bentuk pecahan persen, kurangnya motivasi dari guru dan minimnya media pembelajaran yang digunakan guru saat menjelaskan pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Difficulty Solving Percent Form Problems
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Heryanto, M.Pddosen@gmail.comNIP. 196412101992031002
Pembimbing IIDr.Dedi Holden Simbolon, S.Si,. M.Pddosen@gmail.comNIDN. 103118701
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: RANA MUTIA BR TARIGAN
Date Deposited: 15 Aug 2022 08:10
Last Modified: 15 Aug 2022 08:10
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1613

Actions (login required)

View Item View Item