PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 101796 PATUMBAK TAHUN AJARAN 2021/2022

DEPARI, VIVIAN OKTORIA BR, 1805030131 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 101796 PATUMBAK TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
1 COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
2 ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (329kB)
[img] Text
3 BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (379kB)
[img] Text
4 BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (594kB)
[img] Text
5 BAB III, IV, V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (639kB)
[img] Text
6 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (307kB)
[img] Text
7 LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Jigasw pada mata pelajaran IPA materi Sumber Energi di kelas IV SD Negeri 101796 Patumbak Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 101796 Patumbak di kelas IV dengan jumlah keseluruhan siswa kelas IV sebanyak 57 orang siswa dan menjadi sampel kelas IV-A dan IV-B dengan jumlah siswa 40 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dan instrument penelitian ini adalah tes essay untuk mengetahui hasil belajar siswa. Berdasarkan perhitungan tes hasil rata-rata tes akhir siswa, diperoleh rata-rata hasil belajar kelas kontrol 55,30 dan rata-rata hasil belajar siswa di kelas eksperimen 71,30 sehingga ada pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw pada mata pelajaran IPA dari metode Konvensional. Berdasarkan hasil penilaian rata-rata nilai, dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di SD Negeri 101796 Patumbak Tahun Ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Science Subjects, Jigsaw Learning Model
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IFRIKSON JONY PURBA, S.Si., M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0104048701
Pembimbing IIROBERT SINAGA, S.TP, M.Sidosen@gmail.comNIDN. 0102088901
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: VIVIAN OKT BR. DEPARI
Date Deposited: 24 Aug 2022 09:36
Last Modified: 24 Aug 2022 09:36
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1619

Actions (login required)

View Item View Item